3 Tugas Server Restoran dan Keahlian yang Dibutuhkan

Artikel yang membahas review restoran, kafe
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 18:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Katalog Resto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tugas Server Restoran. Sumber: Pexels/RDNE
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tugas Server Restoran. Sumber: Pexels/RDNE
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika pergi ke sebuah restoran, pelanggan akan dilayani oleh seorang server atau pelayan. Server memiliki tugas untuk menerima dan menyambut pelanggan. Selain itu, tugas server restoran lainnya yaitu menjelaskan menu kepada para pelanggan.
ADVERTISEMENT
Server memiliki peran yang sangat besar bagi bisnis restoran. Tanpa adanya server, sebuah restoran akan sulit untuk dijalankan.

Ketahui Tugas Server Restoran

Ilustrasi Tugas Server Restoran. Sumber: Pexels/Olly
Di dunia ini ada banyak jenis pekerjaan. Salah satunya adalah server. Server dikenal juga sebagai waiter atau pelayan di restoran. Server merupakan bagian penting dalam manajemen restoran.
Tanpa server, maka restoran akan sulit untuk dijalankan. Sebab, tugas server restoran salah satunya adalah melayani pelanggan.
Dikutip dari buku The Art of Restaurant Review, Soemantri (2020), server/waiter bertanggung jawab mulai dari mengambil pesanan, membawanya ke dalam dapur, hingga mengambil dan menyerahkan makanan ke meja tamu. Berikut tugas-tugas pelayan atau server di restoran.

1. Menerima Pelanggan

Tugas dari pelayan adalah menerima dan menyambut pelanggan. Setelah itu, pelayan akan mengantarkan pelanggan ke meja yang kosong atau ke meja yang telah dipesan.
ADVERTISEMENT

2. Menjelaskan Menu

Setelah mengantar pelanggan ke meja, pelayan harus menjelaskan menu yang ada di restoran. Seorang server harus memahami seluruh menu, mulai dari bahan dan dapat mendeskripsikan rasanya secara sederhana.

3. Mengantarkan Pesanan

Seorang pelayan juga memiliki tugas untuk mengantarkan pesanan. Makanan dan minuman harus diantarkan sesuai dengan pesanan dan juga tepat waktu.

Keahlian yang Dibutuhkan untuk Menjadi Server

Ilustrasi Tugas Server Restoran. Sumber: Pexels/Olly
Server memiliki tugas yang cukup berat. Oleh karena itu, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pelayan. Adapun keahliannya sebagai berikut.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang pelayan harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif. Dengan komunikasi efektif, pelayanan dapat menyampaikan informasi mengenai menu atau restoran baik secara verbal maupun tertulis.

2. Kemampuan Mendengarkan

Keahlian selanjutnya adalah mendengarkan. Dengan kemampuan ni, seorang pelayan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh pelanggan.
ADVERTISEMENT

3. Kemampuan Problem Solving

Keahlian yang harus dimiliki oleh pelayan adalah problem solving. Kemampuan ini dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah dan kemudian mencari solusi yang terbaik untuk pelanggan.
Tugas server restoran cukup banyak. Antara lain adalah menerima tamu atau pelanggan, menjelaskan menu yang tersedia di restoran, dan juga mengantarkan makanan dan minuman ke meja pelanggan dengan tepat waktu. (FAR)