Pencarian populer
USER STORY
22 Februari 2018 19:54 WIB
..
..

5 Olahraga agar Anak Muda Punya Mental 'Baja'

Parkour (Foto: flickr)

Berbicara soal olahraga, tidak melulu harus sepak bola. Tapi, tidak bisa dimungkiri juga, bahwa sepak bola adalah olahraga yang paling digandrungi di seluruh dunia. Apalagi kalau sudah bicara piala dunia, jangan ditanya lagi, setiap orang pasti tau tentang perhelatan pesta olahraga terbesar ini.

Tapi, mari sejenak lupakan perihal sepak bola. Olahraga tidak hanya sebatas untuk menjaga kesehatan dan hobi, seperti sepak bola tadi. Olahraga juga bisa melatih mental seseorang agar lebih kuat lagi. Tapi, apakah ada olahraga yang seperti itu? Tentu ada, apa saja itu? Ini lima olahraga yang bisa menempa mentalmu lebih kuat lagi.

1. Mendaki Gunung

Mendaki Gunung! Hmmm.. Bagi orang yang hobi naik gunung pasti sudah tau, bahwa ketika seseorang mendaki gunung, mereka harus memiliki mental yang kuat. Sebab, sebagaimana yang kita ketahui, gunung adalah alam liar yang di dalamnya ada berbagai macam hewan. Mulai dari hewan lucu hingga hewan buas. Seperti yang dikatakan oleh Ardeshir Yaftebbi seorang pendaki ulung yang telah mendaki lima dari tujuh gunung tertinggi di tujuh benua.

Ardeshir mengatakan "Mendaki gunung itu, nomor satunya mental. Banyak orang yang fisiknya bagus. Tapi mereka tidak sampai puncak. Itu artinya mental mereka tidak bagus," Sebagai referensi bagaimana seseorang dibentuk mentalnya saat mendaki gunung, kalian bisa menonton film "Everest" atau "5 cm".

2. Selancar

Berselancar juga bisa melatih mental kalian. Bagaimana tidak, saat berselancar kamu harus berpacu dengan deburan ombak yang sewaktu-waktu bisa menggulung dan menenggelamkanmu ke dasar lautan.

Kamu harus memperhatikan pergerakan ombak, kecepatan angin, dan posisi terumbu karang untuk menghindari marabahaya. Masih enggak percaya kalau berselancar bisa melatih mental, coba tonton film yang berjudul "Chasing Mavericks".

3. Parkour

Tak usah diragukan lagi, kalau olahraga ekstrem yang satu ini bisa melatih mentalmu menjadi lebih kuat lagi. Seseorang yang menekuni olahraga parkour dituntut untuk memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan akibat dari rasa ragu saat melakukan lompatan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Selain untuk menyehatkan tubuh dan memperkuat mental, olahraga ini juga menuntut kedisplinan kalian. Sebab dengan disiplin yang baik, kamu bisa berlatih untuk memahami segala macam teknik dasar dalam olahraga Parkour.

4. Panahan

Olahraga ini juga bisa meningkatkan mental kamu, terutama dalam hal berkonsentrasi. Olahraga panahan membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang sangat tinggi.

Saat memanah, kamu dituntut untuk membidik sasaran dengan tepat, kamu harus memerhatikan kecepatan angin serta ketepatan posisi tangan untuk mencapai target yang sempurna.

5. Bela Diri

Terakhir, olahraga yang bisa menempa mentalmu adalah olahraga bela diri. Bela diri merupakan rangkaian gerakan-gerakan tubuh, yang berguna dalam menjaga kesehatan jasmani yang tentunya akan memengaruhi kekebalan tubuh. Selain itu, bela diri juga melatih kecerdasan emosional, yaitu seseorang dituntut untuk dapat menggunakan ilmu bela diri yang dimiliki pada saat yang tepat, bukan hanya karena emosi semata.

Dengan kata lain, pengendalian diri juga akan terlatih. Ilmu bela diri melatih seseorang untuk lebih mengatur tingkah laku dan berpikir matang. Ada banyak jenis bela diri, mulai dari silat, karate, hingga taekwondo.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: