Upayakan Desa Zero Waste, Staf Ahli Gubernur DIY Gelar Koordinasi Bersama

KELAS PUBLIK
Tingkatkan Kompetensi Bersama, Berperan Setara
Konten dari Pengguna
29 Februari 2024 15:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari KELAS PUBLIK tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto bersama setelah sesi diskusi desa zero waste (23/2). Sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Foto bersama setelah sesi diskusi desa zero waste (23/2). Sumber: Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT
Guna mendukung percepatan mewujudkan desa zero waste, Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji ,M.Si mendialogkan bersama dengan para OPD pemangku kepentingan, perguruan tinggi dan beberapa pemerhati pengelolaan sampah serta beberapa NGO guna mendorong TPS 3R Brama Muda yang beralamatkan di Kalurahan Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman sebagai salah satu percontohan desa mandiri kelola sampah. Bertempat di Komplek Kepatihan, Staf Ahli Gubernur DIY mengadakan forum bersama dengan mengundang PT Astra International, PT Waste4Change, DLHK DIY, DLH Sleman, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Biro Hukum Setda DIY, Lurah Sardonoharjo, Fakultas Kesehatan Masyarakat UGM, Prof.Dr, Gunawan Sumodiningrat, beberapa TPS 3R di Sardonoharjo serta berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pertemuan dilaksanakan untuk koordinasi kolaborasi multipihak dalam melaksanakan aksi bersama guna mencapai desentralisasi pengelolaan sampah di tingkat desa/kalurahan. Hal tersebut selaras dengan Misi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang salah satunya mengenai desa zero waste.
ADVERTISEMENT
Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kuncoro Cahyo Aj (23/2). Sumber: Dokumentasi Pribadi
Dari diskusi tersebut dipaparkan mengenai kondisi dan kendala dalam pengelolaan sampah di Sardonoharjo, yang sebagian masyarakat masih belum menyadari tanggung jawab pengelolaan sampah. Guna mengoptimalkan pengelolaan sampah, Kalurahan Sardonoharjo kedepan akan membentuk KSM di tingkat padukuhan.
Staf Ahli Gubernur DIY, Kuncoro Cahyo Aji menekankan bahwa untuk mencapai tujuan desa zero waste diperlukan keterlibatan aktif bersama dengan peran yang setara. Dalam hal ini, Kalurahan Sardonoharjo memiliki beberapa bank sampah aktif, tiga TPS 3R yang salah satunya di TPS 3R Brama Muda telah beroperasi alat pengolahan sampah bantuan dari CSR PT Astra International.
ADVERTISEMENT
Pada acara dialog ini juga telah disepakati untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang muncul mulai dari hulu hingga hilir yang kemudian masing-masing pihak akan memilih dan menempatkan posisinya dalam menyelesaikan masalah yang telah disepakati tersebut sesuai dengan peran dan kewenangannya.