news-card-video
Jakarta
imsak
subuh
terbit
dzuhur
ashar
maghrib
isya

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika

Rizky Hanifudin
Hai perkenalkan nama saya Rizky Hanifudin. Saya merupakan mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Teknik Informatika.
Konten dari Pengguna
20 Oktober 2022 17:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rizky Hanifudin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Game Tebak Gambar Berbasis Web Di Rumah Baca RAKUS

Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan PkM Mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Teknik Informatika. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
zoom-in-whitePerbesar
Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan PkM Mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Teknik Informatika. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
ADVERTISEMENT
Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang yang beranggotakan 10 mahasiswa-mahasiswi dengan ketua pelaksana Rizky Hanifudin menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Rumah Baca RAKUS(Rak Buku Perpus) yang berlokasi di Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat pada hari Minggu, 16 Oktober 2022. Hal ini dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dihadiri oleh 22 anak-anak Rumah Baca RAKUS. Dan turut hadir pula Bapak Muhamad Robi selaku Ketua Rumah Baca RAKUS.
Sebelum sesi materi, pertama-tama ada sambutan dari Ketua PKM yaitu Rizky Hanifudin, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Rumah Baca RAKUS yaitu Muhamad Robi. Pada kesempatan tersebut beliau mengungkapkan rasa terimakasih kepada para Mahasiswa-Mahasiswi Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang yang telah bersedia melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat(PKM) di Rumah Baca RAKUS. Beliau juga berharap dengan hadirnya kegiatan semacam ini dapat memberikan manfaat, wawasan serta pengetahuan bagi anak-anak Rumah Baca RAKUS. Setelah itu adalah sesi pemberian cinderamata kepada Ketua Rumah Baca RAKUS oleh Ketua PKM.
Gambar 2. Dokumentasi Kegiatan PKM - Penyerahan Cinderamata kepada Ketua Rumah Baca RAKUS oleh Ketua PKM. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
Tema yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Game Tebak Gambar Berbasis Web Studi Kasus: Rumah Baca RAKUS. Tema tersebut diambil dikarenakan meningkatnya ketergantungan kebutuhan akan teknologi di berbagai kalangan dan usia, maka dari itu sudah seharusnya teknologi kita perkenalkan kepada anak–anak sedini mungkin. Seperti mengenalkan apa itu komputer, mengenalkan dasar-dasar dari perangkat komputer dan lain sebagainya. Untuk mengenalkan dasar-dasar perangkat komputer kepada anak-anak tentunya dengan metode yang tepat sehingga anak-anak bisa mudah dalam memahami dan juga tidak bosan dengan cara pengenalannya.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya sesi pemberian materi mengenai Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Game Tebak Gambar Berbasis Web Studi Kasus: Rumah Baca RAKUS yang dibawakan oleh pemateri yaitu Rizky Destyan P, adapun tujuan pemberian materi tersebut agar anak-anak mampu mengenali dasar-dasar perangkat keras komputer baik dari segi nama, gambar, dan fungsinya. Setelah materi dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk sesi game, dengan jumlah empat kelompok dengan didampingi satu mahasiswa. Pada sesi game tebak gambar ini di bimbing oleh M. Fadhly Noor Rizqi dimana materinya tentang yang telah disampaikan sebelumnya. Adapun aturan dari game ini setiap kelompok yang menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan skor 10, dengan jumlah soal 11.
Gambar 3. Dokumentasi Kegiatan PKM - Pemaparan Materi dan Demo Games Tebak Gambar. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
Kelompok yang berhasil menyelesaikan game tebak gambar dengan skor tertinggi dan dalam waktu tercepat, maka akan menjadi pemenang. Dengan urutan juara 1, 2, dan 3. Game diadakan untuk mengasah pemahaman anak-anak terkait materi yang sudah dibawakan oleh Rizky Destyan P. Setelah semua kelompok menyelesaikan game yang diberikan maka mahasiswa pendamping akan menginformasikan jumlah skor dan juga waktu pengerjaan game kepada M. Fadhly Noor Rizqi untuk selanjutnya di ranking untuk mendapatkan juara 1, 2, dan 3.
Gambar 4. Dokumentasi Kegiatan PKM - Sesi Games Tebak Gambar Berbasis Web. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
Setelah kegiatan berjalan dengan lancar inilah yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak Rumah Baca RAKUS yaitu pemberian hadiah yang didampingi oleh pemateri Rizky Destyan P, ketua pelaksana Rizky Hanifudin, dan pembimbing sesi game M. Fadhly Noor Rizqi. Antusias anak-anak sangat luar biasa, kelompok mahasiswa Teknik Informatika telah menyiapkan 3 hadiah untuk masing-masing kelompok yang berhasil menyelesaikan game tebak gambar dengan skor tertinggi dan waktu tercepat, pemberian hadiah ini diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar anak-anak Rumah Baca RAKUS.
Gambar 5. Dokumentasi Kegiatan PKM – Juara Games Tebak Gambar Berbasis Web. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
Sesi selanjutnya sesi penutup yaitu foto bersama dengan pengurus, anak-anak Rumah Baca RAKUS, dan Mahasiswa Universitas Pamulang.
Gambar 6. Dokumentasi Kegiatan PKM - Bersama Anak-Anak Rumah Baca RAKUS. (Credit : Iqbalsyah Khatami)
Penanggung Jawab Berita/Kegiatan:
ADVERTISEMENT
Ketua PKM: Rizky Hanifudin
Anggota Mahasiswa:
M Fadhly Noor Rizqi
Satria Banistama
Iqbalsyah Khatami
Rizky Destyan Pulunggono
Tritya Adi Dharma
Wardah Oktafiani
Salwa Carelina Maybrella
Andini Gustiani
Putri Rokhmayati
Dosen Pembimbing: Hidayatullah Al Islami M.Kom S.Kom