kumparan
14 Jul 2019 9:19 WIB

Resep Gyoza, Camilan Pelengkap Kebutuhan Protein si Kecil

Kalau sedang makan ramen di restoran Jepang, ada satu menu pelengkap yang wajib dipesan oleh saya dan keluarga, menu itu adalah...GYOZA! Yummm....
ADVERTISEMENT
Gyoza adalah sejenis dumpling versi Jepang. Yang saya suka dari Gyoza adalah isiannya yang minim tepung, berbeda dengan siomay yang memungkinkan produsen untuk menambah banyak sekali tepung dan mereduksi jumlah daging sungguhan.
Selain itu, tentu sebagai seorang ibu, senang sekali ketika bisa menyelipkan berbagai macam sayuran ke dalam makanan. Tentu saja tanpa merusak cita rasa makanan itu sendiri.
Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya saya share resep Gyoza. Waktu itu sempat beberapa kali saya share juga resepnya di Instagram post dan story. Tapi saya banyak mendapatkan feedback terutama tentang proses melipatnya.
Banyak yang masih bingung kalau tidak dicontohkan dengan video. Maka dari itu, saya membuat video tutorial-nya bersamaan dengan tulisan ini. Percayalah, melipat Gyoza tidak sesusah itu kok! Dan, dari pengalaman saya membuat Gyoza selama ini, melipat rapi atau kurang rapi, hasilnya bisa tetap kelihatan cantik.
ADVERTISEMENT
Gyoza ini termasuk menu yang cukup mudah untuk dibuat bersama si kecil, terutama yang sudah menginjak usia toddler ke atas. Biarkan si Kecil bereksplorasi mencampur bahan-bahan, berusaha melipat, dan juga membantu membuat saus. Karena hasil karya masakan sendiri tentunya akan lebih nikmat, dan si Kecil pun bisa lebih menghargai sebuah makanan.
Berikut ini adalah catatan khusus mengapa saya secara personal sangat menyukai menu Gyoza. Gyoza ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperkenalkan finger food untuk bayi yang baru belajar makan (kira-kira di usia 8 bulan). Karena teksturnya yang lembut dan juga isiannya yang padat gizi.
Bentuk Gyoza yang memanjang menjadikannya lebih mudah dipegang daripada siomay atau jenis dimsum yang lain. Sehingga memudahkan bayi untuk belajar menggenggam dan memasukkan makanan ke dalam mulut.
ADVERTISEMENT
Selain itu, untuk snack atau sarapan pagi si Kecil, Gyoza ini gizinya cukup lengkap karena mengandung protein dan juga sayuran di dalam isiannya. Dengan mengonsumsi Gyoza sebagai snack, bisa mendukung kecukupan protein harian si Kecil.
Jadi, yuk kita buat stok Gyoza sendiri di rumah! Lebih nikmat, sehat, dan tentunya lebih hemat!
Video
Resep Gyoza
Cara Membuat :
  1. Haluskan 200 gram daging udang kupas, 200 gram daging ayam bagian dada, daun bawang, 1/2 sdt jahe parut, 1 sdm bawang putih, jamur cincang, 3 sdm Japanese soy sauce, garam, dan merica secukupnya.
  2. Tambahkan 1 mangkuk kubis cincang. Haluskan kembali.
  3. Siapkan kulit Gyoza, masukkan isian, dan lipat.
  4. Oleskan wajan antilengket dengan minyak. Panggang Gyoza.
  5. Ketika bagian bawah sudah kecoklatan, siram wajan dengan air perlahan-lahan.
  6. Tutup wajan sehingga akan muncul uap air yang akan mematangkan seluruh bagian Gyoza.
  7. Sajikan dengan saus dan daun ketumbar.
ADVERTISEMENT
Saus Gyoza
Cara Membuat:
  1. Campur 3 sdm cuka/air lemon dan 3 sdm soy sauce. Lalu tambahkan 1 sdt minyak wijen.
  2. Taburi dengan wijen yang telah dipanggang.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·