kumparan
17 Sep 2019 8:24 WIB

Resep Nugget Ikan Kaki Naga, Bekal Sehat untuk Keluarga

Kira-kira apa tantangan yang dihadapi seorang ibu setiap pagi hari? Buatku: bangun pagi!
ADVERTISEMENT
Detailnya, bangun pagi, beberes, dan harus menyiapkan sarapan/bekal untuk sekeluarga. Pekerjaan yang lumayan berat, apabila sebelumnya makanannya belum dipersiapkan. Yang jelas, sarapan dan bekal untuk keluargaku harus yang cepat saji, namun juga bernutrisi, dan sehat tentunya.
Dari pengalamanku, bentuk nugget kaki naga adalah menu yang paling disuka (dan paling banyak di-recook, lho). Bentuknya yang unik, membuat anak-anak makin semangat eksplorasi dalam proses makan mereka. Anak-anak lebih excited karena bisa memegang sendiri makanannya, dan ibu pun merasa tenang karena bentuk stick tumpul ini aman digunakan. Bisa juga diselipkan keju di tengah adonannya agar ketika digigit, ada sensasi mulur keju leleh di tengah nugget kaki naga. Yummyyyyy!
Video
Nugget Ikan Kaki Naga
ADVERTISEMENT
Cara membuat :
  1. Lumatkan bumbu halus: empat siung bawang putih, empat siung bawang merah, satu siung bawang bombay (ukuran kecil), dua butir putih telur.
  2. Campur dan haluskan adonan: 300 gram ikan tuna, 150 gram udang kupas, 100 gram wortel parut, dan 100 gram tepung mocaf (tepung singkong).
  3. Campur bumbu halus dan adonan, lalu tambahkan dua sendok makan (sdm) minyak kelapa.
  4. Apabila adonan masih terasa lembek, boleh tambahkan lagi 50-75 gram tepung mocaf .
  5. Bumbui dengan garam, merica, coconut sugar, dan kaldu jamur.
  6. Bentuk adonan dengan stick ice cream (seperti sate lilit bali).
  7. Kukus hingga matang
  8. Optional: celupkan ke adonan kuning telur dan tepung mocaf. Lalu goreng.
Ingin sedikit membahas pilihan protein dalam nugget kaki naga di resep ini. Alasan kenapa pilih tuna? Jawabannya adalah karena kali ini aku ingin pakai ikan lokal Indonesia. Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu produsen ikan tuna terbesar di dunia?
ADVERTISEMENT
Mungkin banyak teman-teman yang belum tahu bahwa daerah Wakatobi, Flores, Banda, dan daerah timur Indonesia adalah penghasil ikan tuna dengan kualitas yang baik. Selain itu, ikan tuna juga sumber protein dan memiliki asam lemak omega 3 yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Jadi tunggu apalagi, yuk siapkan sajian nugget ikan kaki naga ini untuk bekal si kecil dan sarapan pagi keluarga!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan