2 Ular Kobra Dievakuasi di Kantor Jasa Pengiriman dari Paket COD Warga Baubau

Konten Media Partner
1 November 2022 16:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas Damkar saat mengevakuasi ular Kobra di salah satu kantor jasa pengiriman di Kota Baubau pada Sabtu (29/10). Foto: Ist
zoom-in-whitePerbesar
Petugas Damkar saat mengevakuasi ular Kobra di salah satu kantor jasa pengiriman di Kota Baubau pada Sabtu (29/10). Foto: Ist
ADVERTISEMENT
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengevakuasi dua ekor ular jenis Kobra dari kantor jasa pengiriman di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Sabtu (28/10). Ternyata ular tersebut merupakan paket Cash on Delivery (COD) milik pemesan warga Baubau.
ADVERTISEMENT
Kabid Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Baubau La Ode Nur Alam Ndoaka mengungkapkan paket berisi ular berbisa tersebut ternyata tidak diambil pemesan dengan alasan uang untuk membayar COD itu tidak cukup.
"Yang pesan itu orang Baubau karena uangnya tidak cukup, jadi tidak diambil barangnya," kata Alam kepada kendarinesia, pada Selasa (01/11).
Alam mengungkapkan karyawan jasa pengiriman tersebut lalu penasaran dengan isi paket yang dipesan warga Baubau tersebut, lantas mengecek isinya. Ternyata mereka kaget dengan isi paket berupa ular Kobra.
"Karena (karyawan) jasa pengiriman penasaran mereka ngintip cek, ternyata ular," ujar dia.
Saat itu, satu ekor berhasil keluar dari paket pengiriman tersebut sontak membuat karyawan ketakutan. Alam menuturkan pihaknya lalu diminta untuk mengevakuasi ular berbisa dengan ukuran 50 cm tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kobranya masih kecil (ukuran) sekitar 50 cm. Namanya Kobra kecilpun berbisa, makanya saya suruh anggota hati-hati. Jangan sampai kita niatnya menolong, nanti kita yang setengah mati," ujar dia.
Tim Rescue Damkar Baubau lalu melakukan evakuasi terhadap ular tersebut. Setelah dievakuasi, pihak jasa pengiriman meminta agar ular Cobra tersebut dibawa pergi dari tempat itu. Ular itu kemudian dibawa ke kantor Damkar Baubau.
Alam mengungkapkan pihaknya lalu berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Wilayah Baubau untuk dilepasliarkan pada Senin (31/10).
"Karena pelepasliaran kami selalu kerja sama dengan BKSDA. Sudah kami bawa ke sana kemarin ditandai dengan berita acara penyerahan, nanti BKSDA yang lepasliarkan karena itu binatang yang dilindungi," ungkapnya.
Sebelumnya, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) berhasil mengevakuasi dua ekor ular jenis Kobra dari salah satu jasa pengiriman di Kota Baubau, Sultra pada Sabtu (28/10). Ular tersebut membuat karyawan ketakutan.
ADVERTISEMENT