Food & Travel
·
6 Juni 2021 14:35
·
waktu baca 2 menit

5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih!

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih! (256648)
Ilustrasi delivery makanan Foto: Shutter Stock. dok-kumparan.com
Provinsi Kepri kaya akan biota laut. Karena perairannya yang begitu luas membentang. Tidak heran, jika kuliner dari daerah Kepulauan Riau ini banyak yang terbuat dari bahan utama hasil laut. Tentunya menggunakan rempah-rempah yang menjadikannya begitu khas saat disantap.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi kamu yang berencana akan berkunjung ke Kepri, beberapa makanan khas hasil laut di bawah ini yang wajib dicoba, jangan sampai kamu lewatkan!

1. Siput isap gulai lemak.

5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih! (256649)
Hidangan siput isap gulai lemak khas Kepri. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Di Kota Tanjungpinang dan daerah sekitar Kepri, kebanyakan mengolah siput isap menjadi kuliner yang sederhana dan juga nikmat yakni rempah gulai khas melayu. Menu ini menjadi favorit keluarga.
Keong laut ini berwarna cokelat dan berbelang putih. Untuk menemukannya juga tidak sulit. Hanya perlu kejelian mata saat berkarang (menelusuri laut saat surut). Selain mudah didapatkan, siput isap juga berprotein tinggi. Untuk memasak gulai siput ini sangat mudah. Bahan yang digunakan yaitu, siput yang sudah dibersihkan dengan memotong sedikit bagian buntutnya, santan kelapa, lengkuas, kunyit, cabe rawit, jahe, bawang merah dan bawang putih. Untuk menambah keharuman pada rempah, tambahkan serai yang dimemarkan dan daun salam. Agar sajian semakin menggoda, makan bersama nasi putih hangat.
ADVERTISEMENT

2. Asam pedas ikan sembilang

5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih! (256650)
Hidangan Asam pedas ikan sembilang. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Kalau ke Kepri, tidak asing lagi untuk kuliner yang satu ini. Selalu jadi menu wajib jika makan di restoran manapun di Kepri. Asam pedas merupakan menu khas melayu. Tapi masakan asam pedas Kepulauan Riau ini berbeda dari yang lain. Bahan utama yang digunakan adalah ikan sembilang (mirip ikan lele hanya saja habitatnya di laut). Namun, bisa juga menggunakan ikan yang lain. Tapi akan berbeda bila menggunakan ikan sembilang yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang khas.
Ikan sembilang memiliki citra rasa yang khas, jika kurang pandai memasaknya, bisa terasa amis. Ini adalah ikan kegemaran masyarakat Kepulauan Riau. Asam pedas rasanya segar, ada pedas tapi ada asamnya.
ADVERTISEMENT

3. Sotong masak hitam

5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih! (256651)
Hidangan sotong masak hitam. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Sesuai namanya, masakan bercita rasa khas Melayu Kepri ini berbahan dasar sotong atau cumi yang dimasak tanpa membuang tinta hitamnya. Ditumis bersama irisan cabai, bawang merah, bawang putih, jahe dan serai ditambah garam dan sedikit gula. Kenyalnya tekstur sotong berbalut rasa pedas dan asin-manis, dijamin membuat kamu ketagihan dan menghabiskan porsi nasi yang lebih banyak dari biasanya. Hampir semua restoran atau kedai makan Melayu yang ada di Kota Tanjungpinang dan Batam yang spesialis seafood dipastikan menyediakan kuliner sotong masak hitam ini.

4. Gonggong

5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih! (256652)
Hidangan gonggong rebus. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Berkunjung ke Kepri, dijamin rugi jika tidak mencoba kuliner yang satu ini. Gonggong, adalah sejenis siput laut. Cangkangnya keras bewarna putih kekuningan dan mempunyai isi daging yang kenyal dengan aroma khas. Hewan laut ini mudah sekali ditemukan di perairan Kepri. Biasanya gonggong yang sudah di masak yang dijual di restoran seafood tidak diolah, namun hanya direbus dengan sedikit garam dan sereh untuk menghilangkan aroma khasnya. Biar lebih maknyus, daging gonggong dicocol dengan dengan sambal. Bisa sambal terasi, sambal mangga, sambal jeruk bahkan sambal kacang atau sambal kecap. Setelah mencoba memakannya, dijamin akan ketagihan.
ADVERTISEMENT

5. Lade Gorom Ikan Simbok Salai (Tongkol asap di masak pedas)

5 Kuliner Khas Laut Kepri yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih! (256653)
Hidangan lade gorom ikan simbok. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Masakan dengan cita rasa pedas menggoyang lidah yang satu ini sepertinya harus dicoba. Sangat berbeda dengan sambal ikan lainnya. Itu karena ikan simbok atau tongkol yang di masak harus disalai (diasap) terlebih dahulu. Itulah yang membuatnya menjadi ciri khas makanan orang pesisir Anambas. Untuk membuat Lade Gorom sangatlah mudah. Bumbunya seperti bawah merah, bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan ditumis bersama ikan salai yang sudah disuir-suir. Nah, sangat mudah sekali bukan?
Itulah beberapa kuliner khas Kepulauan Riau yang patut dicicipi ketika berkunjung atau ingin mencobanya di rumah. Bagaimana? Jadi pengen nyobain masakan khas melayu inikan? Yuk datang ke Kepri.
ADVERTISEMENT