News
·
3 Juni 2021 16:09
·
waktu baca 2 menit

Alat Tes PCR di RSUP RAT Tanjungpinang Kembali Normal

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Alat Tes PCR di RSUP RAT Tanjungpinang Kembali Normal (64702)
searchPerbesar
RSUP Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang. Foto: Ismail/kepripedia.com
Alat pemeriksaan COVID-19 dengan metode tes polymerase chain reaction (PCR) di RSUP Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang akhirnya sudah bisa beroperasi.
ADVERTISEMENT
Wakil Satgas COVID-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan saat ini alat tersebut sudah dapat beroperasi normal. Sehingga, sampel pemeriksaan COVID-19 di wilayah Tanjungpinang dan Bintan tidak perlu mengantri di BTKLPP Batam.
"Soal alat PCR di RSUP sudah baik. Bahkan, sudah seminggu lalu baiknya," ungkapnya, Kamis (3/6).
Dengan normalnya kembali alat tes PCR di RSUP RAT, lanjut Tjetjep, diharapkan hasil pemeriksaan sampel COVID-19 bisa diketahui lebih cepat. Sehingga, upaya tracing bisa lebih dioptimalkan guna menakan lajunya penyebaran COVID-19 di Kepri.
"Ya mudah-mudahan hambatan tidak ada lagi, dan proses PCR akan lancar dan semua membaik," harapnya.
Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri ini menambahkan, dalam upaya untuk mempercepat testing ini, Pemprov Kepri baru-baru ini telah mendapatkan bantuan alat Antigen dari pusat.
ADVERTISEMENT
"Kita dapat bantuan sebanyak 25.000 alat antigen dari pusat. Alat antigen itu untuk didistribusikan ke seluruh daerah di Kepri," ujarnya.
Sebelumnya, alat tes PCR di RSUP RAT Tanjungpinang mengalami kerusakan. Alhasil, seluruh pemeriksaan sampel pasien harus dilarikan ke BTKLPP Batam.
Selama alat tersebut rusak, pihak rumah sakit terpaksa menggunakan metode rapid anti gen sebagai upaya melakukan skrining atau mendeteksi dini virus COVID-19 terhadap pasien. Sehingga, bagi pasien yang terkonfirmasi reaktif melalui tes cepat ini bisa dilakukan tindakan seperti isolasi mandiri jika tak bergejala, dan perawatan jika menunjukkan gejala tertentu.