News
·
7 Oktober 2019 17:06

Danlantamal IV Pimpin Penanaman Mangrove Serentak di Batam

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Danlantamal IV Pimpin Penanaman Mangrove Serentak di Batam (31094)
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 74, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal IV) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah, SE., M.A.P memimpin penanaman pohon Mangrove, di Tering Bay Golf dan Country Club, Jalan Hang Lengkiu KM 4 Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam, Senin (7/10/2019).
ADVERTISEMENT
Kegiatan penanaman Mangrove ini, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.
Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal IV Laksma TNI Arsyad Abdullah, SE., M.A.P, Danrem 033/WP Brigjend TNI Gabriel Lema, S.Sos, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofyan, Kapolda Kepri di wakili Polairud Polda Kepri, Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, dan para Komandan TNI-Polri beserta jajarannya.
Arsyad mengatakan kegiatan ini selain dalam rangka HUT TNI ke 74 juga sekaligus meraih Rekor Muri. Untuk di Kepri sendiri penanaman Mangrove dilakukan sekitar 24.500 pohon yang di bagi di berbagai wilayah seperti di Batam, Tanjung Balai Karimun, Dabo Singkep dan di Ranai.
"Penanaman Mangrove ini bertujuan untuk menjaga Ekosistem, melindungi dari Abrasi, karena Kandungan Oksigen ini juga merupakan wilayah kehidupan beberapa hewan laut, seperti Kepiting, udang dan beberapa hewan laut lainnya," kata dia.
ADVERTISEMENT
Arsyad, berharap agar masyarakat dapat menyadari Mangrove ini sangat penting untuk dijaga kelestarian dan masyarakat tidak merusak Ekosistem Mangrove, karena Pohon Mangrove mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi serta dapat menyerap kotoran.
"Apabila dirusak, ini juga akan merusak kehidupan hewan di laut dan pantai - pantai kita sehingga dikhawatirkan akan terjadi Abrasi," pungkasnya.
Penulis : Zalfirega
Editor : Wak JK