News
·
25 Agustus 2020 15:05

Kapal Dumai Exspress Tujuan Dumai Beroperasi Kembali

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Kapal Dumai Exspress Tujuan Dumai Beroperasi Kembali (94666)
Armada kapal penumpang Dumai Line (Dumai Exspress Group). Foto: Rega/kepripedia.com
Kapal penumpang Dumai Exspress kembali membuka rute perjalanan dari Batam menuju Kota Dumai, Provinsi Riau, setelah dua bulan berhenti beroperasi akibat wabah COVID-19.
ADVERTISEMENT
Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Parsaoran Samosir mengatakan, langkah penghentian layanan menuju daerah tersebut sebelumnya dilakukan mengingat Pemkot Dumai menutup akses di pintu masuk Pelabuhan.
"Sudah buka kembali, setelah sekian lama tak melayani rute Dumai, dengan alasan pemerintah Dumai tak mengizinkan pintu masuk," kata Samosir pada kepripedia, Selasa (25/8).
Dia mengatakan, bagi calon penumpang yang akan berangkat diwajibkan untuk menunjukkan surat hasil pemeriksaan rapid test yang menyatakan terbebas dari virus corona.
"Seluruh penumpang harus mengantongi surat rapid test, jika tidak mempunyai maka akan disarankan untuk rapid test di pelabuhan. Kita juga menerapkan protokol kesehatan untuk menekan laju penularan virus corona," ucapnya.
Sementara itu, Humas PT Lestari Indoma Bahari yang merupakan agen pelayaran kapal Batam Jet dan Dumai Line, Asmadi, mengungkapkan, meski saat ini telah dibukanya akses untuk rute Dumai, jumlah penumpang belum menunjukan angka kenaikan.
ADVERTISEMENT
"Belum terlihat sampai sekarang, mungkin karena pandemi sehingga penumpang tidak ramai seperti hari biasanya," kata Asmadi.
Untuk jadwal pemberangkatan tetap dilakukan seperti waktu biasanya. Rute Batam- Dumai berangkat pukul 07.30 WIB. Sedangkan Dumai- Batam berangkat pukul 07.00 WIB. Hanya saja, dalam sehari armada yang akan beroperasi hanya satu.