Food & Travel
·
22 Januari 2021 14:16

Kata Sandiaga Uno soal Kawasan Wisata Nongsa, Batam

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Kata Sandiaga Uno soal Kawasan Wisata Nongsa, Batam (359680)
searchPerbesar
Nongsa Point Marina & Resort. Foto: Expedia.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno tiba di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Jumat (22/1) pukul 07.30 WIB. Setelah sampai, Sandiaga langsung meninjau kajian baru dari kesiapan dan pelaksanaan protokol kesehatan di Bandara Hang Nadim Batam, dilanjutkan menuju Kawasan Nongsa.
ADVERTISEMENT
Ada apa sih di Nongsa, sehingga ditinjau oleh Menparekraf? Nongsa merupakan bagian objek wisata Batam yang terkenal dengan lautnya yang indah. Karena tidak terlalu jauh, dari sini bisa terlihat dengan jelas gedung-gedung tinggi yang menghiasi Singapura.
Dalam kunjungan kerjanya, Sandiaga mampir ke salah satu resort mewah yakni Nongsa Point Marina & Resort (NPM). Resort ini berlokasi di daerah Nongsa yang menjadi salah satu perhatian pemerintah khususnya sebagai salah satu sumber devisa di bidang pariwisata.
“Baru saja saya tiba di Kota Batam, Kepulauan Riau dan langsung mengunjungi Nongsa Point Marina & Resort. Bertemu langsung dengan General Manager dari destinasi wisata ini, Mr. Erhard M. Rueber.
"Secara bisnis, penginapan ini sedang mengalami masa-masa yang cukup berat akibat pandemi. Sudah hampir setahun mereka mengalami kesulitan menarik wisatawan untuk berkunjung. Kehadiran saya di sini, selain untuk mempromosikan wisata di Kota Batam kepada wisatawan domestik, saya juga ingin memberikan semangat optimisme kepada para pelaku UMKM di sektor Parekraf.” tulis Sandi di lama Facebook milik pribadinya.
ADVERTISEMENT
Jarak Nongsa ke pusat kota Batam hanya 30 menit, tapi kedua area ini seperti berada di dua pulau yang berbeda. Area pusat kota lebih terkenal akan pabrik-pabriknya, juga kehidupan malamnya. Sementara Nongsa lebih menyerupai destinasi pelesir semacam Nusa Dua di Bali atau Lagoi di Bintan. Selain hutan bakau, tempat ini memiliki 4 resort premium dan sebuah marina yacht. Dari tujuh lapangan golf di Batam, tiga berada di Nongsa.
Nongsa dianggap berhasil meruntuhkan stigma kawasan industri ternyata bisa menjadi destinasi wisata. Saat berada di sini berarti berdiri dipersimpangan tiga negara. Singapura berjarak sekitar 25 kilometer, Malaysia 50 kilometer. Dari pesisir utara Nongsa, bisa menyaksikan gedung berbentuk papan setrika di Marina Bay dan bukit-bukit yang menjulang di Johor. Di antara kawasan-kawasan itu, terhampar Selat Singapura, salah satu jalur perdagangan maritim tersibuk di dunia.
ADVERTISEMENT
Kecamatan paling tua di Batam ini memiliki akomodasi mewah ala Bali. Sebagian berderet langsung menghadap pemandangan pantai yang eksotis, tentunya ini akan membuat wisatawan seperti berada di luar negeri.
Nongsa terkenal dengan pantai dan lautnya. Wisman yang berkunjung biasanya akan menghabiskan waktu dengan mengexplore lautan dan pantai sambil menyelam atau snorkeling.
Selain itu, di Nongsa terdapat wisata Kampung Tua yang menjadi salah satu pesonanya.
Kerennya lagi, ada sebuah studio yang memproduksi film Hollywood yaitu Infinite Studio, rumah produksi film dan animasi. Film yang diproduksi hingga saat ini sudah cukup banyak, dari film animasi lokal seperti Meraih Mimpi, hingga film Hollywood misalnya Black Hat. Studio yang seperti ini baru ada 1 di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga menghadirkan Hutan Mangrove AVJ (Anugrah Ventura Jaya), wisata ziarah Sasono Punggowo yang dirancang dengan indah dan dilengkapi flora fauna yang beragam, Komplek Makam Zuriyat Nong Isa, Kampung Terih dan Kebun Raya Batam.
Kata Sandiaga Uno soal Kawasan Wisata Nongsa, Batam (359681)
searchPerbesar
Pantai Nongsa, Batam, provinsi Kepulauan Riau. Foto: Simphortour.com
Ada beberapa kawasan pantai yang indah di Nongsa yang mempunyai ciri khas tersendiri, di antaranya adalah Pantai Nongsa, Pantai Pulau Puteri, Pantai Sekilak, Pantai Melayu, Pantai Lagorap, Pantai Teluk Mata Ikan, Pantai Tanjung Bemban, Pantai Kampung Panau, dan pantai-pantai lainnya yang terdapat dalam Perkampungan Tua Nelayan Nongsa.
Lalu, bagi para pecinta Golf, Palm Springs Golf & Beach Resort bak surga yang menyediakan padang golf yang dilengkapi pemandangan menyejukkan.
Menuju Nongsa, membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kapal untuk sampai dari Singapura. Tidak heran, lokasi ini banyak sekali didatangi oleh turis negeri Singa untuk sekedar melepas lelah menikmati pantai dan pemandangannya yang indah. Bagaimana, yakin tidak ingin ke sini?
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020