Menjajal Keindahan Air Terjun Gunung Jantan di Kepulauan Riau

Konten Media Partner
22 Juli 2019 12:10 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Lokasi Air Terjun Gunung Jantan Karimun. Foto : Khairul S.
zoom-in-whitePerbesar
Lokasi Air Terjun Gunung Jantan Karimun. Foto : Khairul S.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabupaten Karimun, merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, dengan beragam anugerah destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah destinasi wisata alam Air Terjun Gunung Jantan, yang terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.
ADVERTISEMENT
Kepripedia.com pada Minggu (21/07), mencoba menjajal tempat wisata yang cukup populer tersebut. Setibanya di destinasi wisata yang satu ini, kami disuguhkan dengan sensasi berwisata di tengah hutan, selama menuju ke air terjun di gunung tertinggi kelima di Kepulauan Riau tersebut.
Suasana kolam Air Terjun Gunung Jantan Karimun. Foto : Khairul S
Sumber Air Terjun
Wisata Air Terjun Gunung Jantan menjadi salah satu spot yang cocok dikunjungi oleh Anda yang hobi berwisata air dengan suasana alami. Disini, kita akan dimanjakan dengan sumber air yang berasal dari Gunung Jantan. Buat yang hobi mendaki, kita akan disuguhi keindahan dari atas gunung setelah mendaki gunung kurang lebih 90 menit, untuk menuju puncak. Dari atas gunung kita bisa menyaksikan secara langsung kapal-kapal yang hilir mudik di Perairan Karimun.
ADVERTISEMENT
Ketinggian Air terjun ini sekitar 700 Mdpl. Lokasi koordinat Air Terjun Gunung Jantan ini jika menggunakan GPS adalah : 1° 6′ 10.90″ N 103° 21′ 54.00″ E.
Untuk menuju lokasi ini, pengunjung harus melalui jalanan setapak sekitar 700 meter agar dapat tiba di tempat air terjun. Sepanjang jalan setapak itu, pengunjung dapat beristirahat sejenak di pondok-pondok yang tersedia, untuk sebatas melepas lelah sejenak sebelum sampai di tujuan.
Tim Kepripedia saat berada di puncak gunung Jantan. Foto : Khairul S
Air Terjun Pongkar
Ada beragam nama yang disematkan pada tempat wisata alam yang satu ini. Sebagian besar masyarakat Kabupaten Karimun menyebut air terjun ini sebagai Air Terjun Pongkar, dan ada pula yang mengenalnya dengan nama Air Terjun Gunung Jantan.
Disebut sebagai Air Terjun Pongkar, karena lokasi air terjun ini berada di Desa Pongkar, yang letaknya tepat berada di perut Gunung Jantan. Sehingga, kedua nama tersebut sama-sama memiliki dasar yang kuat.
ADVERTISEMENT
Setiap akhir pekan, banyak masyarakat di Karimun berdatangan ke lokasi ini untuk mengisi masa berlibur. Berbagai kalangan mulai dari anak-anak, dewasa, dan kaum milenial tidak akan tahan godaan untuk melihat lebih dekat destinasi yang cukup populer bagi warga Karimun tersebut.
"Saya bersama teman-teman memilih lokasi itu untuk mengisi waktu berlibur. Saya ingin merasakan wisata dengan nuansa hutan, pegunungan, dan pepohonan yang asri," ujar salah satu pengunjung, Doni (17), kepada Kepripedia.com, Minggu (21/7).
Pengunjung Air Terjun Gunung Jantan Karimun. Foto : Khairul S
Akses Menuju Air Terjun Pongkar
Lokasi wisata ini jaraknya lebih kurang 15 kilometer dari pusat Kota Tanjungbalai Karimun, atau 3 kilometer dari Pantai Pongkar ke arah tenggara. Untuk mencapai lokasi air terjun pengunjung harus melewati jalan setapak yang harus ditempuh dengan berjalan kaki.
ADVERTISEMENT
Untuk menuju Pantai Pongkar yang merupakan jalan masuk ke air terjun, memakan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Tanjung Balai Karimun. Saat ini belum ada kendaraan umum yang mencapai pantai tersebut. Jadi, perjalanan harus ditempuh dengan kendaraan pribadi, ojek, atau menggunakan taksi tanpa argo yang banyak terdapat di sekitar lokasi pelabuhan.
Infrastruktur jalan menuju lokasi sudah tersedia cukup baik, dengan lebar badan jalan sekitar 6 meter sehingga bisa dilalui dua lajur kendaraan roda empat atau enam. Kualitas jalan terbilang sudah cukup bagus dan mulus.
Sejarah Air Terjun Pongkar (Gunung Jantan).
Selain keindahannya yang memukau, Gunung Jantan juga memiliki legenda yang menarik untuk diketahui. Cerita itu bermula dari kisah Badang yang merupakan seorang anak laki-laki dari keturunan Siam yang berasal dari Sayong Pinang, atau yang lebih dikenal dengan Daerah Johor Malaysia.
ADVERTISEMENT
Badang menjadi seorang pemuda yang tangguh dan memiliki kekuatan luar biasa. Kisahnya diketahui hingga ke berbagai penjuru, salah satunya ialah negara India. Kekuatannya tersebut ia gunakan dalam hal kebaikan.
Makam serta jejak kaki Badang terdapat di atas batu yang terletak di kawasan Tanjung Balai Karimun. Tidak jauh dari Kawasan Perusahaan Granite, yang menurut masyarakat setempat dikenal sebagai tempat bertarung Badang untuk melawan perompak. Sampai saat ini, penduduk setempat meyakini bahwa siapa pun yang bertarung di atas puncak gunung ini pasti akan menumpahkan darah.
Penulis : Khairul S
Editor : Wak JK