News
·
9 Januari 2021 20:17

PDAM Tirta Kepri Perpanjang Waktu Perbaikan Pompa Akibat Banjir

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
PDAM Tirta Kepri Perpanjang Waktu Perbaikan Pompa Akibat Banjir (16478)
Pompa Sei Gasek. Foto: Ismail/kepripedia.com
Para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, khususnya yang dialiri air melalui Waduk Sei Gesek sepertinya harus banyak bersabar. Pasalnya, pihak manajemen PDAM Tirta Kepri terpaksa menambah waktu perbaikan pompa air di Waduk tersebut karena rusak akibat banjir.
ADVERTISEMENT
Anggota DPRD Provinsi Kepri, Rudy Chua, mengatakan sebenarnya PDAM Tirta Kepri menargetkan penyelesaian perbaikan mesin pompa tersebut pada Kamis (7/1). Namun, karena adanya hambatan proses perbaikan tersebut masih membutuhkan waktu kurang lebih sepekan lagi.
“Ternyata ada hambatan dalam proses pengeringan dan perbaikan pompa, dinamo dan panel listrik yang muncul paska banjir kemarin, kemungkinan pekerjaan perbaikan akan delay atau mundur seminggu lagi,” ujarnya usai meninjau Waduk Sei Gesek, Jumat (8/1) kemarin.
Kendati demikian, berdasarkan penjelasan dari pihak PDAM Tirta Kepri, untuk saat ini pihaknya sudah mengalihkan aliran air para pelanggan dari Simpang Batu 10 sampai Batu 5 sudah agar dibantu dengan air dari Sei Pulai.
Namun, untuk para pelanggan dari batu 10 menuju ke arah Gesek sepertinya harus lebih bersabar, karena masih akan menunggu sampai proses perbaikan selesai.
ADVERTISEMENT
"Banyak perumahan sepanjang jalan tersebut seperti Air Raja, Galaxi, Griya Surya Indah, Griya Hangtuah Permai 1 & 4, Permata Bintan , Griya Permata Indah yang terputus air bersihnya," terangnya.
Menyiasati persoalan tersebut, lanjut Politisi Hanura ini, untuk sementara PDAM akan membantu warga dengan menyuplai air mobil tanki. Namun demikian, pastinya bantuan tersebut juga sangat terbatas, mengingat PDAM hanya memiliki 3 mobil tanki.
"Tadi kami sudah koordinasi dengan BPBD Provinsi dan Kota Tanjungpinang dan mereka akan bantu dengan tiga mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan ribuan warga masyarakat di daerah tersebut,” jelas Rudy.
Oleh karena itu, anggota Komisi II DPRD Kepri ini juga menghimbau Ormas dan LSM serta Parpol untuk bisa membantu droping air ke warga yang membutuhkan. PDAM akan menyediakan suplai air secara cuma-cuma di Waduk Sei Pulai.
ADVERTISEMENT
“Jadi yang berniat membantu cukup sediakan mobil tangki dan bisa berkoordinasi ke PDAM tentang titik yang perlu dibantu. Dengan gotong royong tentu akan lebih mudah dan cepat untuk membantu warga yang terimbas tersebut. Bagi pihak yang mau ikut terlibat bisa menghubungi 21574,” tutup Rudy Chua.