News
·
18 Februari 2021 16:30

Pelabuhan Tanjungbatu Kundur Kini Dikelola BUP, Jadi Sumber PAD Baru Karimun

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Pelabuhan Tanjungbatu Kundur Kini Dikelola BUP, Jadi Sumber PAD Baru Karimun (108983)
searchPerbesar
Pelabuhan Tanjungbatu Kundur, Kabupaten Karimun. Foto: Istimewa
Pengelolaan Pelabuhan Tanjungbatu Kundur saat ini diambil alih oleh Pemda Karimun melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Hal ini tentu akan dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah Karimun, Kepulauan Riau.
ADVERTISEMENT
Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun, Afriyan, mengungkapkan bahkan saat ini status pengumpul untuk pelabuhan tersebut telah diajukan ke Kemenhub, agar menyamai dengan pelabuhan Domestik yang ada di Pulau Karimun Besar.
"Untuk statusnya menjadi pelabuhan pengumpul itu sudah diusulkan ke Kemenhub. Jadi status itu hampir sama dengan pelabuhan Domestik yang ada di Karimun," ujarnya.
Disisi lain, jika sebelumnya berada dibawah kewenangan Pemprov Kepri, saat ini segala bentuk peningkatan dan perawatan sarana dan prasarana di pelabuhan tersebut nantinya berada dibawah naungan BPU Karimun.
"Perawatan dan fasilitasnya nanti akan disiapkan oleh BUP Karimun," kata dia.
Keberadaan Pelabuhan Tanjungbatu Kundur juga dinilai memiliki peran dan potensi untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Mengingat, pelabuhan yang cukup sibuk di Karimun itu menjadi lalu lintas penumpang dari daratan Riau menuju Kepri ataupun sebaliknya.
ADVERTISEMENT
"Dengan begitu, jika semakin ramai dan majunya pelabuhan tersebut tentu akan memberikan PAD bagi Karimun," jelasnya.
Untuk diketahui, peralihan pengelolaan pelabuhan tersebut sebelumnya ditandai dengan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima oleh Plh Gubernur Kepri, TS Arif Fadillah kepada Sekda Karimun, Firmansyah, Rabu (10/2) lalu.