News
·
8 Maret 2021 12:01

Pelebaran Jalan di Simpang Barelang, Batam, Pedagang Kaki Lima Digeser

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Pelebaran Jalan di Simpang Barelang, Batam, Pedagang Kaki Lima Digeser (437189)
searchPerbesar
Pengerjaan pelebaran jalan di simpang Barelang, Batam. Foto: Zalfirega/kepripedia.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Batam akan melakukan peningkatan infrastruktur berupa pelebaran jalan di sepanjang jalan menuju Jembatan Barelang tahun 2021 ini.
ADVERTISEMENT
Sebelum pelebaran tersebut dilakukan, pihak Pemkot Batam akan merelokasi pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan disepanjang jalan tersebut.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Salim, mengatakan bahwa PKL yang ada disepanjang jalan menuju Barelang tersebut akan dipindahkan pada bulan Maret tahun ini. Ia menuturkan, bahwa surat Surat Peringatan (SP) 2 telah dilayangkan.
"Di sana kan ada kios nanti mereka akan digeser, sesuai dengan arahan Pak Wali Kota Batam ketika tinjau para pedagang beberapa waktu lalu," kata Salim kepada kepripedia saat dihubungi, Senin (8/3).
Menurut dia, pembangunan jalan tersebut telah lama canangkan oleh Pemkot Batam, namun karena berbagai kendala sehingga pelaksanaan peningkatan ruas jalan tersebut ditunda dan bakal dimulai tahun ini.
ADVERTISEMENT
"Jadi begini waktu dulu diukur sebelum row jalan 35 warga ikut terkena namun sekaranglah pelaksanaan eksekusinya," kata dia.
"Yang jelas sekarang sudah masuk tahap SP2 dan terakhir SP3 diberikan kepada para pedagang untuk melakukan pembongkaran barangnya," imbuh dia.
Pelebaran Jalan di Simpang Barelang, Batam, Pedagang Kaki Lima Digeser (437190)
searchPerbesar
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menemui pedagang kaki lima di sepanjang jalan menuju Jembatang Barelang sebelum proses pelebaran jalan dilakukan. Foto: Zalfirega/kepripedia.com
Pantauan di lapangan, dari SPBU Trans Barelang terlihat jalan menghubungkan Batam dan Pulau Rempang-Galang ini, sudah memulai pengerjaan persiapan pelebaran dua jalur.
Para pekerja terlihat sedang mendata jalur dimulai dari SPBU hingga dengan rencana sampai depan Mako Yonif Raider 136/Tuah Sakti Batam.
Proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, fokus dengan membangun jalur jalan dari arah Simpang Barelang ke Jembatan I.
Sepanjang jalur tersebut tidak terlihat kios warga, sehingga proses pembangunan jalan dua jalur itu berjalan dengan lancar.
ADVERTISEMENT
"Proyek yang digarap ini merupakan dibawah Kementerian PUPR yang sejalan dengan Pemkot Batam untuk mempercantik ruas jalan menuju ikon Kota Batam tersebut," singkat Camat Sagulung Reza Khadafi.