Food & Travel
·
22 September 2020 9:13

Surga Tropis di Kepulauan Anambas

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Surga Tropis di Kepulauan Anambas (72420)
Hamparan pasir putih dan kejernihan air laut yang menawan di Pulau Penjalin Besar, Kepulauan Anambas. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Sebuah wilayah Kepulauan di Indonesia, Kabupaten Kepulauan Anambas, jika dilihat di peta Indonesia tampak hanya setitik di bagian utara. Namun, siapa yang akan menyangka. Walau setitik, ia menyimpan begitu banyak keindahan "Surga Tropis" untuk bumi pertiwi di Provinsi Kepulauan Riau.
ADVERTISEMENT
Julukan surga tropis ini juga bukan hanya sebutan. Kepulauan Anambas pernah mendapat peringkat pertama sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com pada tahun 2013.
Kepulauan Anambas memiliki 255 pulau, di mana 26 pulau sudah berpenduduk. Secara lokasi, begitu dekat strategis dan dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
Selain pulau-pulau tropis, Anambas juga dikaruniai keanekaragaman hayati laut yang eksotis. Sebagiannya merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) yang dikenal dengan Taman Wisata Periaran (TWP) Kepulauan Anambas dan laut sekitarnya. Dengan luasan 1.262.686 hektare. Kawasan ini sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.
Surga Tropis di Kepulauan Anambas (72421)
Penampakan indah Pulau Penjalin dari udara. Foto: Loka KKPN Pekanbaru

Secantik Surga, Inilah Pulau Penjalin

Aduhai, cantiknya. Itulah ucapan yang akan Anda katakan saat tiba di Pulau Penjalin. Satu di antara permata yang berkilau di TWP Kepulauan Anambas. Pemandangannya begitu menggoda untuk terjun dan berenang di laguna hijau toskanya yang sangat jernih.
ADVERTISEMENT
Pulau Penjalin Besar merupakan pulau yang paling disukai wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Bentuknya yang melengkung mengingatkan pada Film "The Beach" yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio. Tekstur pasirnya begitu halus bak tepung, panjang bibir pantainya sekitar 2 kilometer dengan bentangan pasir hingga 50 meter.
Untuk Anda pecinta selam dan snorkeling, pulau ini sangat cocok untuk dijelajahi bawah lautnya. Pemandangan di dasar laut begitu beranekaragam dengan terumbu karang bercorak dan warna yang bermacam-macam seperti karang meja, karang bercabang, karang kerak, dan karang otak.
"Saya lumayan sering bawa tamu ke sini dan semuanya memang mencari tempat yang bagus untuk menyelam dan snorkeling. Ada banyak pulau. Namun, di sini yang paling sering. Tamu dari mancanegara juga banyak. Mereka menyewa pompong atau speed untuk ke sini. Bahkan bukan hanya sendiri. Tapi, bersama keluarga mereka."
ADVERTISEMENT
"Kalau mau datang ya jangan musim angin kuat. Seperti angin utara atau selatan. Gelombangnya akan terasa lebih kencang. Nelayan saja takut untuk turun melaut. Pemandangan di bawah laut juga tidak bagus. Arusnya kuat dan keruh," ujar Sahar, salah satu warga di Siantan Timur.
Tidak berpenduduk dan bebas dari kebisingan. Pulau Penjalin sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur ala pulau pribadi.
Menuju Pulau Penjalin
Pulau indah ini terletak di Desa Tebang, Kecamatan Palmatak, yang terbagi dua yakni Pulau Penjalin Besar dan Pulau Penjalin Kecil.
"Pulau Penjalin Besar yang paling sering didatangi pengunjung, karena pantainya yang luas. Saat tiba pun mata akan tertuju ke pantai itu dengan warna lautnya yang cerah dan menarik pandangan."
Surga Tropis di Kepulauan Anambas (72422)
Karang di dasar laut Kepulauan Anambas. Foto: Loka KKPN Pekanbaru
Dari pusat kota Tarempa menuju Pulau Penjalin memakan waktu lebih kurang 1 jam perjalanan menggunakan kapal. Pengunjung dapat menyewa kapal milik warga atau menggunakan jasa travel yang ada di Tarempa.
ADVERTISEMENT
Tips Berwisata ke Pulau Penjalin:
  1. Datanglah sesuai musim yang direkomendasikan agar dapat menikmati keindahan-keindahan dengan pemandangan yang bagus.
  2. Sebelum berwisata ke TWP Kepulauan Anambas wajib lapor ke Kantor Pengelolaan Kawasan Konservasi (Wilayah Kerja TWP Kepulauan Anambas).
  3. Untuk menjaga lingkungan dan biota bawah laut, bawa kembali sampah dan buang saat tiba di daratan kedalam tempat sampah.
  4. Carilah paket wisata yang bisa memudahkan perjalanan liburan Anda.
  5. Pisahkan anggaran akomodasi dan tiket dari anggaran untuk keperluan makan atau untuk membeli oleh-oleh.
  6. Bawalah perlengkapan berenang dan jangan lupa tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.
Pulau seindah ini dengan keberagaman hayatinya, memang pantas dijadikan primadona di perairan Anambas. Alamnya patut dijaga dan dilestarikan. Agar, semua penikmat alam dapat terus merasakan keindahan baik di daratan maupun di dalam lautnya. Ayo, ke Anambas.
Surga Tropis di Kepulauan Anambas (72423)
Pemandangan Pulau Penjalin dilengkapi dengan perbukitan, pasir pantai yang putih serta kejernihan air laut. Foto: Loka KKPN Pekanbaru