Konten Media Partner

Warga Kepri yang Berobat ke Batam dan Jakarta Bisa Tinggal di Rumah Singgah

10 Februari 2023 19:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rumah singgah yang segera diresmikan Pemprov Kepri. Foto: Ismail/kepripedia.com
zoom-in-whitePerbesar
Rumah singgah yang segera diresmikan Pemprov Kepri. Foto: Ismail/kepripedia.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau kedepan tidak perlu khawatir untuk berobat ke Batam dan Jakarta. Sebab, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Kepri akan meresmikan Rumah singgah warga yang sedang menjalani rujukan pengobatan di kedua kota tersebut.
ADVERTISEMENT
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyampaikan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan berbagai kebutuhan  menuju pengoperasian dua rumah singgah tersebut.
Direncanakan rumah singgah di kedua kota itu akan diresmikan pada Maret 2023.
"Ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang bertujuan meringankan beban masyarakat," ujar Ansar, Kamis (9 /2) kemarin.
Menurut Ansar, keberadaan dua rumah singgah bagi warga yang sedang menjalani rujukan perobatan ini sangat penting diadakan. Sebab, selama ini tidak sedikit masyarakat yang mengeluh kesulitan pembiayaan ketika dirujuk ke rumah sakit yang jauh dari tempat tinggal mereka.
"Berangkat dari situ, kami berinisiatif membangun rumah singgah yang dapat dimanfaatkan oleh pasien maupun keluarga yang mendampinginya," sebutnya.
Dengan adanya fasilitas rumah singga itu, maka warga yang berobat di luar kota tidak harus mengeluarkan biaya ekstra untuk kebutuhan akomodasi selama menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.
ADVERTISEMENT
"Kami rasa rumah singgah ini akan sangat membantu," tabah Ansa
Adapun letak rumah singgah yang berada di Batam berlamat di kawasan Sekupang. Rumah singgah di Kota Batam ini nantinya diperuntukkan bagi warga Kepri di luar Batam, khususnya yang tinggal di pulau-pulau, sebagai tempat menginap ketika menjalani perobatan di rumah sakit rujukan.
Sedangkan di Jakarta, Pemprov Kepri merenovaso Kantor Penghubung di kawasan Jalan Gatot Subroto No.2, RT.11/RW.2, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Bangunan empat lantai ini dilengkapi dengan 40 tempat tidur. Lokasi bangunan relatif dekat dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang selama ini menjadi rujukan bagi warga Kepulauan Riau.
Selain tempat tidur,  kamar-kamar yang ada juga dilengkapi berbagai fasilitas, di antaranya berupa perlengkapapan mebel semisal lemari pakaian.
ADVERTISEMENT
Pemprov Kepri juga mengadakan lift untuk mempermudah dan mempercepat akses di dalam gedung. Fasilitas ini nantinya dapat dimanfaatkan secara gratis bagi warga Kepulauan Riau yang menjalani rujukan perobatan di Jakarta.