Kesal Buku Berjamur? Simak Tips Berikut Ini

seorang mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta yang mengambil Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan dengan Program Studi Penerbitan (Jurnalistik)
Konten dari Pengguna
5 Juli 2021 15:55
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Salwa Izzati K tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Di era modern ini, e-book bisa menjadi salah satu alternatif untuk membaca buku. Kepraktisan dan keunggulan e-book kerap menjadi pilihan, seperti mudah dibawa bepergian karena bisa berada di dalam genggaman, harga lebih murah dari buku fisik, dapat menyimpan puluhan hingga ratusan buku elektronik, tahan lama, dan ramah lingkungan
ADVERTISEMENT
Namun, bagi kamu pencinta buku fisik, kepraktisan dan keunggulan e-book tentu berbeda dengan memiliki buku fisiknya. Ada sensasi tersendiri dari buku fisik yang tidak dimiliki oleh e-book yang bisa kamu rasakan. Aroma khas yang dikeluarkan dari buku, sentuhan fisik saat membolak-balikkan halaman, bisa menjadi pajangan yang apik begitu selesai dibaca, dan tidak mudah membuat mata rusak.
Riset yang dilakukan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pada tahun 2016 menyatakan bahwa penjualan e-book di Indonesia masih tergolong rendah dengan rata-rata mengunduh e-book secara gratis. Hal ini menunjukkan masyarakat masih memilih buku fisik daripada e-book untuk membaca buku.
Kemudian hasil survei dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melalui akun twitternya pada tahun 2020 yang mendapat respons dari 232 warganet, sebanyak 77,2% warganet memilih buku fisik, sementara sebanyak 22,8% memilih e-book.
ADVERTISEMENT
Dari riset di atas, masih banyak orang yang menggandrungi buku fisik. Bagi kamu pencinta buku fisik, tak hanya sekadar membaca saja, tetapi buku fisik bisa menjadi pajangan yang apik. Tentu hal itu tidak bisa dipisahkan dari merawat buku supaya lebih awet dan bisa dibaca kembali dalam kondisi yang baik. Berikut beberapa cara untuk merawat koleksi buku-buku kesayangan kamu.

Jauhkan Buku dari Sinar Matahari

Sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan lembaran kertas kamu menjadi terlalu kering dan lama-kelamaan akan menguning. Kertas yang awalnya berwarna putih akan berubah warna menjadi cokelat kekuningan. Sering kali ditandai dengan muncul bercak-bercak kecil seperti noda pada lembaran kertas. Tak hanya itu, paparan sinar matahari terhadap buku kamu dapat membuat buku bergelombang dan rapuh.
Kesal Buku Berjamur? Simak Tips Berikut Ini (185627)
zoom-in-whitePerbesar
sebaiknya buku tidak diletakkan dekat jendela yang terpapar sinar matahari | foto: John Mark Smith (Unsplash)

Buku Disusun dalam Posisi Berdiri

Jika kamu masih suka menyimpan buku dalam posisi bertumpuk, sebaiknya hal itu dihindari agar buku kamu lebih tahan lama. Menyimpan buku dalam posisi berdiri jauh lebih baik daripada menumpuknya. Hal ini bertujuan supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik karena udara masuk melalui sela-sela buku. Menumpuk buku dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat lembaran-lembarannya menempel dan tulisan di dalamnya memudar.
Kesal Buku Berjamur? Simak Tips Berikut Ini (185628)
zoom-in-whitePerbesar
menyimpan buku dalam posisi berdiri | foto: Lubos Houska (Pixabay)

Gunakan Amplas untuk Menghilangkan Noda

Buku yang kamu miliki terdapat noda bercak-bercak kekuningan? Hal itu bisa diatasi dengan menggosok-gosokkan amplas secara perlahan ke bagian lembaran kertas yang menguning. Caranya, gosok lembaran kertas menggunakan sisi yang kasar terlebih dahulu sampai bercak-bercaknya mulai hilang. Lalu gosok kembali lembaran kertas menggunakan sisi yang halus. Dengan begitu, bercak-bercak kekuningan yang ada akan berkurang.
Kesal Buku Berjamur? Simak Tips Berikut Ini (185629)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi amplas untuk bersihkan noda bercak kekuningan | foto: OpenClipart-Vectors (Pixabay)

Sampul Buku dengan Plastik

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan menyampul buku menggunakan plastik bening. Selain menjaga buku supaya bersih dan tidak mengelupas, cover buku kamu pun akan aman dari lekukan dan robekan. Namun, bila kamu tidak menyukai menyampul buku karena terasa mengganggu, buku itu harus dijaga lebih hati-hati lagi, seperti meletakkannya di tempat yang aman.
ADVERTISEMENT

Gunakan Silica Gel dan Dehumidifier

Penggunaan silica gel dapat menjaga kelembapan udara karena menyerap air yang dibawa udara sehingga bisa mencegah buku kamu berjamur dan menguning. Selain itu, merawat buku dengan dehumidifier juga penting untuk dilakukan. Dehumidifier ini mampu menurunkan tingkat kelembapan udara dengan mengubah udara lembab menjadi air. Dengan begitu, buku kamu aman dari jamuran.
Itulah tips untuk merawat buku-buku kesayangan kamu. Dengan mencoba beberapa cara di atas, buku akan menjadi lebih tahan lama dan memperlambat berjamurnya buku sehingga menyebabkannya menguning. Jangan lupa, untuk tetap merawat buku secara rutin dan berkala, ya.
(Salwa Izzati Khairana - Politeknik Negeri Jakarta)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020