Limbah Padat dari Industri Teh Mencemari Lingkungan? Intip Solusinya, Yuk!

college student at Brawijaya University
Konten dari Pengguna
12 Mei 2021 16:45
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Khansa Nadelia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Limbah oh limbah! lingkunganku tak kunjung usai dengan pencemaran akibat limbah apalagi lokasinya yang dekat dengan pabrik dan jarak antar rumah yang padat. Padahal sudah sering gotong royong bersihin sampah-sampah dan limbah, tapi apa daya tenaga kami yang terbatas sehingga permasalahan ini tidak kunjung usai dan limbah makin bertambah tiap harinya. Kalian tau ga sih? Dari dulu hingga kini, masalah pencemaran lingkungan belum juga terselesaikan.
ADVERTISEMENT
Penyebabnya apa sih? Tidak lain dan tidak bukan adalah limbah penyebab utamanya. Dampak buruk akibat limbah bisa aja jadi sesuatu yang mengerikan buat kita, apalagi bagi penduduk sekitar pemukiman padat yang lokasinya deket banget sama pabrik industri, penduduk sekitar bisa dengan mudah terjangkit penyakit karna tumpukan limbah yang mengandung banyak bakteri.
Kita sebagai seorang mahasiswa harus cari tau dong bagaimana sih mengatasinya. Iya iya... terutama aku kan? Aku kan mahasiswa! Hehe. Saran yang bisa kita lakuin bisa dengan mengimbau masyarakat melalui perwakilan desa untuk mendatangi perusahaan guna diskusi sederhana buat ngasih informasi bahwa industri yang lagi dijalanin perusahaan itu menimbulkan dampak pencemaran dan menyarankan kepada perusahaan agar mereka bisa membangun semacam alat pengolah limbah cair maupun padat supaya hasil olahan saat dibuang ngga menimbulkan dampak buruk. Bukan cuma itu, artikel ini bakalan ngasi solusi mantap buat ngolah limbah padat dari industri teh dan disulap jadi bahan yang kaya manfaat. Gausah banyak basa-basi, langsung intip solusinya yuk sob!
Limbah Padat dari Industri Teh Mencemari Lingkungan? Intip Solusinya, Yuk! (91230)
zoom-in-whitePerbesar
Pabrik pengolahan teh, Gambar: Pixabay
Bagaimana Menanggulangi Limbah Padat Teh?
ADVERTISEMENT
Seperti yang kita tau Indonesia termasuk negara tropis yang diuntungkan dari segi alamnya. Banyaknya dataran tinggi dengan suhu yang memadai bagi tanaman pertanian nih yang bikin Indonesia jadi salah satu negara yang kaya akan hasil pertaniannya. Nah, salah satu contoh tanaman hasil pertanian terbesar di Indonesia adalah tanaman teh lho! Banyaknya perkebunan teh di Indonesia jadi sarana yang cocok untuk mendirikan industri pengolahan daun teh di dataran tinggi Indonesia. Masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar industri pengolahan daun teh juga ikut berpartisipasi dalam proses pengolahan daun teh tersebut. Namun, teman-teman pasti tau dong kalau tiap industri pasti bakalan menghasilkan output berupa limbah industri. Nah, dari limbah industri pengolahan daun teh ini bisa berupa limbah padat, limbah cair, dan limbah emulsi.
ADVERTISEMENT
Tentu aja, limbah ini bakalan berdampak banget ke lingkungan sekitar. Nah, masalah itu harusnya bikin masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar industri pengolahan daun teh bisa manfaatkan limbah yang ada jadi sesuatu yang lebih bermanfaat, iya gak sih? terus bagaimana tuh caranya? salah satu cara yang bisa kita buat yaitu ngolah limbah padat hasil pengolahan daun teh menjadi pupuk organik dan pakan ternak. Lho kok bisa..? Bisa dong! limbah padat yang berasal dari olahan daun teh itu masih punya kandungan yang bisa dimanfaatkan lagi, jadinya bukan terbuang percuma yang bisa cemarin lingkungan sekitar melainkan bisa juga dimanfaatin masyarakat untuk digunain lagi nih sebagai kebutuhan ternak maupun pertanian.
Limbah Teh sebagai Pupuk Organik dan Pakan Ternak
ADVERTISEMENT
Ada lagi nih solusi lainnya, kita pasti membutuhkan tenaga masyarakat sekitar buat membantu dalam pengolahan pupuk organik dan pakan ternak, gak mungkin sendiri dong! nah demi membantu perekonomian mereka juga nih kita bisa melakukan cara ini yaitu dengan melatih kewirausahaan yang solutif dan kreatif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar industri pengolahan daun teh. Pelatihan wirausaha ini bisa berupa pelatihan mendesain kemasan produk dan pelatihan pemasaran produk. Selain itu juga teman-teman, tentunya masyarakat bisa diajarin juga lho bagaimana sih proses buat pupuk organik dan pakan ternak itu.
Pada pembuatan pupuk organik dan juga pakan ternak, masyarakat diberikan pengetahuan akan pemilahan dan pengolahan limbah. Secara umum, proses pembuatan pupuk organik dan pakan ternak ini pake proses fermentasi nih sob! Proses ini cukup gampang sih, caranya hancurkan dan rendam limbah padat dari pengolahan daun teh selama kurang lebih tujuh hari. Terus pisahkan antara cairan dengan kompos yang telah jadi. Pada proses pembuatan pakan ternak, limbah padat yang sudah difermentasi menghasilkan senyawa yang lebih sederhana dan mudah dicerna daripada bahan asalnya sehingga dapat meningkatkan nilai gizinya. Hasil fermentasi tersebut mesti dikasih tambahan mikroba yang aman untuk dikonsumsi oleh hewan ternak.
ADVERTISEMENT
Pada pelatihan kewirausahaan, masyarakat dibekalin juga pengetahuan mengenai pengemasan dan pemasaran produk. Produk yang sudah dibuat pasti dikemas semenarik mungkin supaya menambah daya tarik pembeli. Ada juga hal yang gak kalah penting nih sob, yaitu dibutuhkan metode pemasaran yang tepat agar pembeli bisa tau produk yang mau dipasarkan. Hasilnya, perekonomian masyarakat bisa meningkat ya teman-teman.
Limbah Padat dari Industri Teh Mencemari Lingkungan? Intip Solusinya, Yuk! (91231)
zoom-in-whitePerbesar
Pupuk organik hasil pengolahan, Gambar: Shutterstock
Bagaimana nih sobat? Beragam limbah padat sisa pembuangan bisa diolah lagi lho!! Jadi barang yang punya nilai dan lebih ramah lingkungan. Misalnya ni pengolahan limbah padat teh menjadi pupuk organik dan pakan ternak. Produk hasil olahan bisa dijadiin sumber berguna bagi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar dengan memanfaatkan limbah teh yang sudah jadi limbah terus bisa dijadiin suatu bahan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi bidang peternakan maupun pertanian. Kalo gitu yuk sobat kita manfaatin limbah yang ada untuk diolah jadi berbagai macam barang atau produk layak guna supaya bisa ngurangin pencemaran lingkungan. Selain itu, produk berbahan dasar limbah lebih aman digunakan karena ngga bercampur dengan bahan-bahan kimia dan pastinya lebih ramah lingkungan sekaligus kita juga bisa melatih kreativitas dengan mengembangkan produk-produk berbahan dasar limbah ini khususnya limbah padat teh. Bagaimana nih? Parah keren banget! tunggu apa lagi sih, langsung gas aja kita manfaatin tuh limbah-limbah yang ada, bahkan bisa jadi cuan yang lumayan banget! gokil abis...
ADVERTISEMENT