KKN-P Umsida, Bangun Apotek Hidup di Balai Desa Sebani dengan Tanaman TOGA

KknP03 Sebani
mahasiswa KKN-P Umsida yang bertempat di desa sebani
Konten dari Pengguna
26 Januari 2023 21:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari KknP03 Sebani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
foto dokumentasi/ menanam tanaman toga bersama ibu PKK
zoom-in-whitePerbesar
foto dokumentasi/ menanam tanaman toga bersama ibu PKK
ADVERTISEMENT
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Tidak hanya menerjunkan para dosennya, Umsida juga menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata kelompok 3 di desa Sebani ini dibuktikan dengan sosialisasi dan penanaman tanaman obat bersama-sama dengan ibu PKK.
ADVERTISEMENT
Kegiatan KKN-P yang diketuai oleh M Fikri Agung Mahendra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan. Adapun anggotanya adalah 23 anggota dari berbagai macam Prodi di Umsida.
“Obat-obatan tidak harus dibeli di apotik toko, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Cukup dengan memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitar kita. Dan dapat juga menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit dengan cara menanamnya di lingkungan sekitar tempat tinggal, atau di kebun khusus yang dikelola oleh keluarga salah satunya di sekitar balai desa,” ujar Bu Windi Bidan setempat, Sabtu (21/01/2023).
TOGA(Tanaman Obat Keluarga) yaitu apotik hidup yang berisi tanaman berkhasiat yang dapat tumbuh dipekarangan rumah yang dalam proses penanaman dan pemeliharan tidak memerlukan teknik yang khusus tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional dari alam sekitar lingkungan hidup  yang dikelola oleh keluarga, ujar anggota tim kami.
ADVERTISEMENT
"kegiatan yang dilakukan terlebih dahulu pembersihan lahan yang hendak ditanam bibit TOGA, lalu bibit tersebut ditanam pada lahan yang sudah dibersihkan, setelah itu di siram beberapa saat lalu di cek perkembangan nya hingga tanaman tersebut tumbuh", jelas fikri.
Adapun beberapa jenis tanaman yang di tanaman adalah :
1. Serai
2. Lidah buaya
3. Jahe merah
4. Daun sirih
5. Kemangi
kegiatan diakhiri dengan acara makan bersama dengan bapak kepala desa, dan meminum hasil olahan tanaman TOGA yaitu jamu sinom yang dibuat oleh ibu PKK, terang fikri (Alfinas Ardiansyah/ tim KKN-P Umsida Kelompok 3)