Konten dari Pengguna

Cara Unik Prof Fauzan, Jumat Berkah Bagi-bagi Peralatan Dapur

SEVIMA
Sentra Vidya Utama (Sevima) adalah Education Technology yang berdiri sejak tahun 2.004, dengan komunitas dan pengguna platform yang tersebar di lebih dari 1.000 kampus se-Indonesia. Bersama kita revolusi pendidikan tinggi, #RevolutionizeEducation!
1 Maret 2024 10:58 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari SEVIMA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jumat Berkah biasanya identik dengan pembaginan makanan atau sembako. Namun Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) periode 2016-2024 Prof. Dr. Fauzan, M.Pd punya cara lain yakni dengan membagikan peralatan dapur.
ADVERTISEMENT
Prof Fauzan memberikan penjelasan terkait keunikan Jumat Berkah yang dibadikan di tiga lokasi berbeda daerah Batu, yakni Desa Gunungsari, Pesanggrahan, dan Temas. Menurutnya, esensi Jumat Berkah adalah berbagi. Tidak terbatas pada bahan makanan atau minuman saja, tapi juga hal-hal lain yang dianggap memiliki fungsi baik.
“Salah satunya alat-alat dapur yang bisa digunakan oleh keluarga untuk kegiatan yang berkelanjutan,” jelasnya.
Ada beberapa alat dalam satu bingkisan yang bisa diperoleh masyarakat. Dengan hanya mengeluarkan 2.000 rupiah, warga bisa mendapatkan bingkisan yang berisi serok, spatula, centong dan lainnya.
Menurutnya, alat-alat ini pasti memiliki kegunaan yang kontinyu dan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya para ibu-ibu. Alat-alat dapur dibeli di UMKM dan pengrajin sekitar. Sehingga turut serta memutar ekonomi yang ada di lokasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Sumber: Viva.co