LLDikti III Ingatkan Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perguruan Tinggi

SEVIMA
Sentra Vidya Utama (Sevima) adalah Education Technology yang berdiri sejak tahun 2.004, dengan komunitas dan pengguna platform yang tersebar di lebih dari 1.000 kampus se-Indonesia. Bersama kita revolusi pendidikan tinggi, #RevolutionizeEducation!
Konten dari Pengguna
14 Februari 2023 10:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari SEVIMA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
LLDikti III Ingatkan Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perguruan Tinggi
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pesatnya perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi. Jika tidak mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan transformasi digital maka perguruan tinggi akan tertinggal.
ADVERTISEMENT
Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah III, Noviyanto, S. T., MMSI mengatakan transformasi digital bagi perguruan tinggi sangat penting. Terlebih pelaporan data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) juga sudah menggunakan sistem seperti feeder.
"Transformasi digital itu penting sekali, karena era seperti sekarang ini harusnya membuat perguruan tinggi lebih aware, kalau tidak mereka ketinggalan zaman," kata Noviyanto saat Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta (PPTJ) di Istora Senayan, Jumat (10/2/2023).
Ia mengajak kepada semua perguruan tinggi khususnya yang ada di LLDikti Wilayah III untuk beralih dan mulai beradaptasi ke sistem digital. Hal itu sesuai dengan tema yang diambil dalam Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta, yakni Akselerasi Transformasi Perguruan Tinggi.
"Sekarang semua hal terkait data itu sifatnya digital sudah tidak lagi pakai borang. Intinya perguruan tinggi harus comply dengan aturan, harus fleksibel, dan mengikuti perkembangan zaman," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya setiap perguruan tinggi harus memiliki sistem akademik berbasis digital untuk menunjang seluruh kegiatan civitas akademika. Penggunaan sistem akan memudahkan perguruan tinggi dalam hal pendataan dan pelaporan ke PDDIKTI.
"Perguruan tinggi harus mempunyai sistem di institusinya masing-masing sehingga mereka tidak kesulitan untuk proses pelaporan, misal kalau lapor ke PDDIKTI pakai feeder mereka harus punya sistem. Jadi semua perguruan tinggi harus aware dengan teknologi," ucapnya.
Seperti diketahui PPTJ ke-18 ini merupakan program kolaborasi antara LLDikti Wilayah III dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Agenda Campus Update ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya untuk mempromosikan keunggulan dari berbagai program perkembangan yang dimiliki untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Acara yang berlangsung selama tiga hari yakni 8-10 Februari di Istora Senayan, Jakarta.
ADVERTISEMENT