LPTNU Ucapkan Selamat Atas Pengukuhan Rektor USU Jadi Guru Besar

SEVIMA
Sentra Vidya Utama (Sevima) adalah Education Technology yang berdiri sejak tahun 2.004, dengan komunitas dan pengguna platform yang tersebar di lebih dari 1.000 kampus se-Indonesia. Bersama kita revolusi pendidikan tinggi, #RevolutionizeEducation!
Konten dari Pengguna
7 Maret 2023 9:20 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari SEVIMA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin dinobatkan menjadi Guru Besar Tetap Ilmu Politik.
zoom-in-whitePerbesar
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin dinobatkan menjadi Guru Besar Tetap Ilmu Politik.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin dinobatkan menjadi Guru Besar Tetap Ilmu Politik, Senin (6/3/2023). Acara diadakan di Auditorium USU, Kota Medan, Sumatera Utara.
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya Prof. Muryanto memaparkan tesisnya yang berjudul Transformasi Partai Politik menjadi Organisasi Partai di Era Digital untuk Penguatan Demokrasi. Menurutnya saat ini masyarakat sedang merasakan perubahan dunia yang sangat cepat karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
"Presiden Joko Widodo selalu menyampaikan pesan tentang pentingnya kesiapan Indonesia menghadapi digitalisasi. Perspektif Presiden Jokowi terkait fenomena digital dalam pembangunan Indonesia serta keterhubungannya dengan masyarakat global, tentu sangat berkaitan dengan kesiapan negara melakukan konsolidasi demokrasi di era digital," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/3/2023).
Direktur Pelaksana LPTNU Rizqon Halal Syah Aji PhD mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Prof Dr. H. Muryanto Amin. M.Si sebagai Guru Besar. Beliau merupakan anggota pengurus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) periode 2022-2027.
ADVERTISEMENT
"Saya ucapkan selamat kepada Bapak Prof Dr. H. Muryanto Amin. M.Si sebagai Guru Besar, beliau adalah Rektor Univ Sumatera Utara (USU) dan juga anggota pengurus LPT PBNU periode 2022-2027," ucapnya.
Sebagai informasi, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., MSi., yang kini menjabat sebagai Rektor USU merupakan Rektor USU termuda yang dilantik oleh Mendikbudristek. Anak pasangan Muin Sudarmo (Alm.) dan Ruyanti ini menamatkan gelar S1 di Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) USU, S2 di Magister Program Studi Ilmu Politik FISIP UI dan S3 Doktor Program Studi Ilmu Politik FISIP UI.
Pada masa kepemimpinannya sebagai rektor, Muryanto Amin telah banyak menorehkan prestasi. Dengan tagline yang ia rumuskan, Transformation Towards the Ultimate, USU kini menjadi lembaga pendidikan yang bereputasi nasional dan internasional. Misinya dalam lima tahun ke depan adalah membawa USU menjadi world class university.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjadi rektor, suami dari Novi Susanti ini pernah menduduki jabatan sebagai Dekan FISIP USU, Dewan Riset Daerah Medan, Dewan Kota Medan dan Komisaris PTPN V. Ayah dari Muhammad Annas Fatah Rizqin, Ramadhani Tuhva Norif dan Idra Faris ini terkenal sangat humble dan bersahabat kepada semua orang sehingga membuatnya memiliki jejaring pergaulan yang luas lintas sektoral baik nasional maupun internasional.
Pengukuhan Muryanto Amin sebagai Guru Besar Tetap USU turut dihadiri oleh para tokoh dan pejabat daerah, di antaranya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Dirjen IKP Kominfo RI Usman Kansong, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pj. Gubernur Sulawesi Barat (Dirjen Otda Kemendagri), Ketua Komisi II DPR RI, Ketua dan Sekretaris Jenderal KPU RI, Tuan Guru Besilam, Kapoldasi, Pangdam I BB, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rahman, Ketua DPRD Medan dan lainnya.
ADVERTISEMENT