kumparan
6 Agu 2018 11:51 WIB

Hwang Jini, Penyair Wanita Terbaik Dalam Sejarah Korea

Simbol kecantikan Korea, Hwang Jini
Aktris Song Hye Kyo saat memerankan Hwang Jini. (Sumber Foto: Hancinema)
ADVERTISEMENT
Korea memang terkenal dengan kecintaan dan penghargaannya terhadap sejarah. Tidak hanya para pejuang kemerdekaan, namun sederet nama penting juga tetap dikenang. Salah satunya adalah Hwang Jini, seorang gisaeng pada masa Kerajaan Joseon.
Nama Hwang Jini sendiri tentu sudah tidak asing ditelinga penggemar Korea. Pementasan, drama sampai film yang mengangkat kisah tentang gisaeng cantik ini telah dilakukan di Korea. Oleh karena itu, kali ini Koreachobo akan membahas mengenai Hwang Jini yang disebut-sebut merupakan simbol kecantikan di Korea.
Yuk simak!
Gisaeng Terkenal Dari Kaesong, Myeongwol
Hwang Jini merupakan gisaeng terkenal pada masa Kerajaan Joseon. Gisaeng sendiri merupakan sebutan perempuan penghibur yang pandai bermusik, menari dan membuat puisi untuk raja dan para bangsawan.
ADVERTISEMENT
Hwang Jini diperkirakan lahir pada tahun 1506 di Kaesong, yang kini telah menjadi Korea Utara. Hwang Jini juga dikenal dengan nama lainnya, yaitu Myeongwol. Myeongwol sendiri dapat diartikan sebagai “sinar bulan”.
Putri dari Bangsawan dan Gisaeng
Meskipun kepastiannya belum diketahui, banyak yang menyebut Hwang Jini merupakan anak hasil dari hubungan seorang yangban, sebutan bangsawan dengan seorang gisaeng. Terpukau dengan kecantikan seorang gisaeng, putra bangsawan kemudian menjalin hubungan dan lahirlah Hwang Jini. Lahir dengan pesona dari sang ibu, Hwang Jini juga disebut-sebut memiliki kecantikan yang luar biasa dan kemampuan musik yang hebat.
Kecantikannya yang terkenal bahkan membuat seorang pria muda di desanya meninggal karna patah hati oleh Hwang Jini. Kematian pria tersebut rupanya berhasil mempengaruhi proses pendewasaan Hwang Jini. Penyesalan dan kesedihan mendalam membuat Hwang Jini yang cantik pada akhirnya menjadi seorang Gisaeng.
ADVERTISEMENT
Gisaeng Dengan Sikap Bangsawan
Hwang Jini mampu mengukuhkan namanya sebagai salah satu gisaeng populer dari Kerajaan Joseon. Selain kecantikan dan kepandaiannya, caranya bersikap juga menjadikan Hwang Jini menonjol diantara gisaeng lainnya. Pada masanya, perempuan tidak memiliki kebebasan yang sama dengan pria. Meskipun pada dasarnya gisaeng lebih bebas dari perempuan biasa, Hwang Jini menolak standar tentang perempuan pada masanya. Ia memiliki karakter dari seorang bangsawan.
Penyair Yang Handal
Selain pemusik dan penari yang handal, Hwang Jini juga merupakan seorang penyair yang baik. Beberapa karyanya bahkan masih dikenang hingga saat ini. Salah satu contoh karyanya yang berjudul 동짓달 기나긴 밤은 (dongjitdal ginagin bameun) atau “Malam yang Panjang” dalam Bahasa Indonesia.
Gisaeng Paling Ikonik
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu gisaeng populer hingga namanya sering disebut saat ini. Banyak karya yang mengangkat kisahnya. Film, drama hingga pementasan teater dengan mengangkat kisahnya pernah dilakukan. Salah satunya film yang dirilis pada tahun 2005 lalu. Menggaet aktris papan atas Song Hye Kyo untuk memerankan Hwang Jini.
Nah jadi itulah sekilas cerita mengenai Hwang Jini. Untuk informasi tentang Korea lainnya, nantikan terus di Koreachobo!
Sumber:
Edgin, Kayley. 2013. “Hwang Jini: An Examination of Life as a Joseon Kisaeng”. Wisconsin: Marquette University
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan