Pencarian populer

Tidak Seperti di Drama, Ini Legenda Goblin di Korea

Legenda Korea, Dokkaebi (Foto: Youtube/AllMonsters GoToSpace)

Setahun lebih sejak episode terakhir dari drama legendaris “Goblin”. Namun penggemar drama ini masih saja membicarakannya hingga saat ini. Drama yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Kim Goeun ini bercerita mengenai perjalanan seorang Goblin yang mencari pengantinnya agar dapat menjemput kematian.

Drama ini terinspirasi dari mitos keberadaan 도깨비 (Dokkaebi) atau Goblin dalam Bahasa Inggris. Meski begitu, ternyata mitos dengan yang ada di drama cukup berbeda. Kali ini Korea Talks akan membahas mengenai mitos mengenai Goblin yang ada di Korea.

Yuk simak!

Dokkaebi atau Goblin dipercaya sebagai salah satu roh yang memiliki kemampuan dan kekuatan yang tidak biasa. Dokkaebi seringkali menggunakan kekuatannya untuk menyihir, menggoda sampai mengejek namun dalam beberapa kesempatan untuk memberikan bantuan pada manusia.

Dokkaebi memiliki kekuatan supernatural, seperti mampu mengisi kolam dalam semalam bahkan bisa menciptakan daratan. Ia juga mampu menawarkan pesta yang berisi berbagai macam makanan dari darat hingga laut, membawa panen yang baik dan membawa kekayaan untuk manusia.

Menurut kepercayaan, roh ini terbentuk dari alat-alat rumah tangga yang sudah tidak terpakai dan dibuang. Benda-benda tersebut seperti sapu, keranjang, saringan, dan benda yang pernah terkena darah manusia, terkhususnya darah menstruasi.

Drama hits Korea, Goblin. (Foto: Instagram/@tvn_joy)

Berbeda dengan yang ada dalam drama, Dokkaebi dalam mitos tidak memiliki penampilan yang rupawan. Ia memiliki tanduk, mata menonjol, mulut besar, gigi panjang, tubuh berbulu, dan juga cakar yang panjang. Namun banyak yang mengatakan bahwa penampilan yang disebutkan ini berbeda-beda tergantung periodenya.

Dokkaebi biasanya muncul di sudut-sudut ruangan yang gelap, lembab, dan juga menakutkan. Ia kebanyakan muncul pada malam hari namun dalam beberapa kesempatan ia juga muncul pada siang hari, saat cuaca berkabut karena hujan.

Roh yang satu ini terkenal akan keusilannya. Ia menikmati tindakannya saat melakukan trik pada manusia, mencoba menggoda dengan berubah menjadi wanita cantik dan lainnya. Roh ini juga suka bernyanyi, menari, dan mengejar wanita.

Selain usil, Dokkaebi juga terkenal dengan kebodohannya. Dalam beberapa kisah, diceritakan mengenai roh ini yang meminjam uang dari manusia dan membayarnya berulang kali.

Nah jadi itulah sedikit tentang legenda roh Dokkaebi atau Goblin. Untuk informasi tentang Korea lainnya, nantikan terus di Korea Talks!

Sumber:

Encyclopedia of Korean Folk Culture, National Folk Museum of Korea

(Ami)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: