Bisnis
·
5 Juli 2020 10:27

5 Sepeda Termahal di Dunia, Ternyata Brompton Tak Masuk Daftar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Sepeda Termahal di Dunia, Ternyata Brompton Tak Masuk Daftar (3034)
Sepeda Brompton di Tikum Cafe and Bike Repair di Jakarta Selatan, Jumat (6/12). Foto: Abdul Latif/kumparan
Sepeda umumnya merupakan alat transportasi yang terjangkau yang mampu dibeli oleh masyarakat secara keseluruhan. Selama masa pandemi virus corona, bersepeda semakin digandrungi.
ADVERTISEMENT
Namun, dengan setiap aturan umum, ada pengecualian. Jangan heran jika ada sepeda yang lebih mahal dari pada mobil, meskipun tidak ada plat nomor.
Di Indonesia, sepeda merek Brompton menjadi salah satu yang paling diminati. Sepeda pabrikan Inggris, ini disebut sepeda 'Sultan' karena harganya yang mencapai puluhan juta rupiah.
Namun, benarkah Brompton merupakan salah satu sepeda termahal sejagat? Mengutip coustinbike.com, inilah 10 sepeda paling mahal di dunia.
1. Trek Butterfly Madone
Sepeda termahal adalah Trek Butterfly Madone. Harganya sekitar USD 500.000 atau setara Rp 7,25 miliar (kurs Rp 14.500 per dolar AS). Sepeda ini adalah karya seni oleh Damien Hirst dan dibeli di lelang untuk harga itu.
Jika Anda berpikir simpel, mungkin akan lebih memilih membeli mobil sport atau rumah. Tapi, kalau sudah hobi, harga bukan masalah. Apalagi jika Anda sugih.
ADVERTISEMENT
Butterfly Madone ini dijual di lelang untuk mengumpulkan dana bagi Lance Armstong Foundation.
2. Trek Yoshimoto Nara
Urutan kedua sepeda termahal dalam daftar adalah Yoshimoto Nara, yang harganya sekitar USD 200.000 setara Rp 2,9 miliar (kurs Rp 14.500 per dolar AS).
Sepeda ini dijual di pelelangan yang sama dengan yang dijual Butterfly Madone.
Sepeda ini sebelumnya dikendarai oleh Lance Armstrong di beberapa acara bersepeda besar, dan itu terbuat dari serat karbon.
3. KAWS: Trek Madone
Selanjutnya adalah sepeda KAWS: Trek Madone, yang diluncurkan dalam afiliasi dengan perjuangan Livestrong Foundation terhadap kanker.
Lance Armstrong menyajikan versi sepeda Trek Madone-nya, dan itu disesuaikan oleh artis terkenal KAWS.
Harga sepeda ini mencapai USD 160.000 atau setara Rp 2,43 miliar dengan kurs RP 14.500 per dolar AS.
5 Sepeda Termahal di Dunia, Ternyata Brompton Tak Masuk Daftar (3035)
Sepeda Brompton. Foto: AFP/YOSHIKAZU TSUNO
4. Aurumania Crystal Edition Gold Bike
ADVERTISEMENT
Mungkin banyak yang berpikir bahwa sepeda yang sebagian besar berlapis emas akan menjadi sepeda paling mahal di sini. Namun, sepeda Kristal Edisi Emas Aurumania ada di urutan nomor empat.
Sepeda ini dibanderol dengan harga USD 114.000 atau setara Rp 1,635 miliar (kurs Rp 14.500 per dolar AS, jauh lebih rendah dibandingkan Madone (harganya lebih mahal karena amal).
Sepeda ini pertama kali dirilis pada 2008 oleh perusahaan Skandinavia Aurumania. Dibuat dengan tangan dan dilapisi dengan emas 24 karat. Itu adalah sepeda termahal saat itu.
Sepeda ini juga dilengkapi sadel kulit merek Brooks dan gagang setang yang terbuat dari kulit coklat.
5. Trek Madone 7: Diamond
Dalam pelelangan yang sama dengan Treks lainnya, sepeda jenis Trek Madone 7 berada di posisi kelima sepeda paling mahal di dunia.
ADVERTISEMENT
Trek Madone 7: Diamond, terjual dengan harga USD 75.000 atau setara Rp 1,087 miliar (kurs Rp 14.500 per dolar AS)
Sepeda ini dilapisi emas kuning dan putih 14 karat dengan tujuh berlian 1 karat.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.