kumparan
25 April 2019 13:35

5 Trik Mendapatkan Pemasukkan Tambahan di Ranah Digital

com-Ilustrasi Berjualan Online
com-Ilustrasi Berjualan Online Foto: Shutterstock
Kemajuan teknologi membuat berbagai sisi kehidupan manusia lebih mudah. Salah satu dampak yang paling terasa adalah pada dunia bisnis, di mana para pebisnis konvensional kini mulai beralih ke platform digital karena berbagai kemudahan yang ditawarkan.
ADVERTISEMENT
Berbisnis lewat platform digital memang menawarkan beragam keuntungan. Mulai dari cara pemasaran yang tergolong lebih murah, di mana Anda tidak perlu menyewa tempat khusus untuk menjajakan barang jualan, hingga jangkauan pembeli yang lebih luas. Namun sama seperti berjualan pada umumnya, Anda pasti akan merasakan turun-naik dalam hal penjualan. Agar siap menghadapi hal tersebut, berikut kumparan (kumparan.com) berikan lima trik agar jualan online Anda bisa menghasilkan keuntungan.
1. Kenali Usaha dan Pasar
com-Ilustrasi Berjualan Online
com-Ilustrasi Berjualan Online Foto: Shutterstock
Sebelum memulai usaha, Anda harus memahami terlebih dahulu produk apa yang akan dipasarkan. Dengan memahaminya, Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut tentang siapa yang akan disasar sebagai pembeli. Ketika sudah kenal dengan usahanya, berikanlah produk original dengan kualitas terbaik serta pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda.
ADVERTISEMENT
2. Bermitra Bersama Platform Digital yang Tepat
Guna memenuhi kebutuhan calon pembeli dengan baik. Anda harus bermitra dengan platform digital yang tepat, sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Misalnya, jika ingin menjual alat kesehatan, produk kecantikan, atau obat-obatan, Anda bisa memilih Mediv sebagai mitra berjualan.
Mediv merupakan sebuah platform digital persembahan Kimia Farma, yang memungkinkan Anda menjadi mitranya untuk mendapatkan keuntungan secara online. Dengan Mediv, Anda bisa berjualan berbagai produk yang berfokus pada peralatan kesehatan, obat-obatan, hingga kosmetik dengan mudah, tanpa modal yang besar dan tanpa ruang penyimpanan khusus.
Dengan menjadi mitra Mediv, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya, dari setiap transaksi yang berhasil, Anda akan mendapat keuntungan margin dari produk yang dijual. Tidak hanya itu, Mediv juga memberi berbagai promo menarik yang akan menambah keuntungan para mitranya.
ADVERTISEMENT
3. Gunakan Strategi Marketing yang Baik
com-Ilustrasi Berjualan Online
com-Ilustrasi Berjualan Online Foto: Shutterstock
Berjualan di platform digital menuntut Anda untuk kreatif dalam memikirkan berbagai strategi pemasaran produk yang dijual. Tidak hanya soal tampilan produk yang eye-catching agar menarik orang untuk membeli, Anda juga harus memberikan berbagai penawaran menarik agar meningkatkan kesadaran, dan membuat pembeli kembali lagi ke toko online Anda.
4. Berikan Pelayanan Terbaik
Pembeli adalah raja. Agar pembeli merasa puas dan tidak kabur, Anda harus memberikan pelayanan terbaik. Jangan biarkan calon pembeli menunggu terlalu lama, yang akhirnya mengakibatkan mereka beralih ke penjual lain. Jika mereka bertanya soal produk, sempatkanlah untuk membalas dengan informasi yang tepat dan intensitas menjawab yang cepat.
5. Sabar dan Jangan Mudah Menyerah
com-Ilustrasi Berjualan Online
com-Ilustrasi Berjualan Online Foto: Shutterstock
Ketika memulai usaha, pasti akan ada masa pasang-surut yang akan menimpa Anda. Kadang produk bisa laku keras dalam hitungan hari, namun tidak jarang produk tersebut harus tersimpan di laman toko selama berbulan-bulan. Jika menemui kenyataan seperti ini, Anda harus tetap bersabar dan memikirkan berbagai strategi agar produk bisa kembali laris.
ADVERTISEMENT
Hadirnya platform digital menjadi pintu tersendiri bagi Anda yang ingin berbisnis secara online. Namun jangan lupa, pilihlah platform digital tepat, seperti Mediv untuk Anda yang ingin berbisnis di bidang kesehatan. Ingin tahu lebih banyak tentang Mediv dan bagaimana cara untuk menjadi mitranya? Kunjungi http://mediv.co.id/ dan daftarkan diri di Grand Launching Mediv sekarang juga!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Kimia Farma.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan