Bisnis
·
29 Mei 2021 8:21
·
waktu baca 4 menit

Abdee Negara Slank Jadi Komisaris Telkom, Ini Deretan Relawan Jokowi di BUMN

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Abdee Negara Slank Jadi Komisaris Telkom, Ini Deretan Relawan Jokowi di BUMN (19715)
searchPerbesar
Abdee 'Slank' Foto: Munady Widjaja
Personel band Slank, Abdi Negara Nurdin atau Abdee Negara, resmi menjadi Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Keputusan ini ditetapkan usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Telkom pada Jumat (28/5).
ADVERTISEMENT
Selain Abdee, ada juga juru bicara Menteri BUMN Arya Sinulingga yang masuk dalam daftar komisaris baru Telkom. Keduanya juga merupakan relawan Jokowi.
Berikut kumparan rangkum sejumlah relawan Jokowi yang kini memiliki posisi komisaris di BUMN:
Abdee Negara
Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Abdee dikenal sebagai musisi yang lantang mendukung Jokowi bersama bandnya, Slank. Bahkan, Ia bersama band-nya juga menciptakan lagu Salam Dua Jari yang kemudian kerap dibawakan saat kampanye.
Pun dalam konser syukuran rakyat untuk menyambut pelantikan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla selama tiga hari di Stadion Gelora Bung Karno, 17-20 Oktober 2014, Abdee dan bandnya jadi salah satu pionir .
Begitu juga yang dilakukan oleh Abdee Negara pada Pilpres 2019 lalu. Ia secara terang-terangan masih mendukung Joko Widodo sebagai capres 2019 dengan cawapresnya, Ma'ruf Amin. Barangkali, hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk pengabdian bagi negara.
ADVERTISEMENT
Di luar itu, pria yang jago memainkan alat musik gitar ini tidak hanya piawai dalam memetik senar, namun juga merangkap sebagai sound engineer, penyanyi latar, hingga penulis lagu. Bahkan, dirinya dipercaya sebagai produser beberapa album hits Slank.
Jaleswari Pramodhawardani
Di awal tahun ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Jaleswari Pramodhawardani sebagai Komisaris di BUMN Pertahanan, PT Pindad (Persero).
Ia merupakan Deputi V KSP Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan HAM. Sebelumnya, Ia adalah peneliti LIPI yang juga Relawan Jokowi. Dia pernah masuk di Pokja Tim Transisi Jokowi-JK.
Abdee Negara Slank Jadi Komisaris Telkom, Ini Deretan Relawan Jokowi di BUMN (19716)
searchPerbesar
Jaleswari Pramodhawardani. Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan
Dyah Kartika Rini
Pada Oktober tahun lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Dyah Kartika Rini sebagai Komisaris Independen PT Jasa Raharja (Persero). Dyah adalah salah satu pendiri Jokowi Ahok Social Media Volunteers, jaringan relawan Jokowi dalam Pilgub DKI Jakarta 2012.
ADVERTISEMENT
Alumni Universitas Indonesia yang juga dikenal dengan nama Kartika Djoemadi itu merupakan pendiri Jokowi Ahok Social Media Volunteers (Jasmev). Jasmev ini berfungsi sebagai jaringan relawan Jokowi saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.
Eko Sulistyo
Tim sukses Jokowi yang telah lebih dulu melenggang ke BUMN adalah Eko Sulistyo. Eko diangkat sebagai Komisaris PT PLN (Persero) pada Oktober 2020. Ia juga pernah berkiprah sebagai Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan periode 2014-2019.
Selain itu, Eko juga beberapa kali ikut andil dalam pemenangan Jokowi. Mulai dari pemilihan Wali Kota Solo, hingga Pilgub DKI Jakarta 2012.
Ulin Yusron
Ia diangkat menjadi Komisaris Independen PT ITDC (Persero), BUMN yang bergerak di bidang pariwisata sejak Oktober tahun lalu. Ulin dikenal aktif di media sosial, serta merupakan pendukung loyal Jokowi dalam dua kali Pilpres.
ADVERTISEMENT
Jauh sebelum menjadi pendukung Jokowi, Ulin berkarier sebagai wartawan di Mingguan Ekonomi dan Bisnis Kontan. Ia juga pendiri situs Beritasatu.com, serta pernah menjadi konsultan sejumlah media online.
Terkait pengangkatannya, kata Arya, lantaran Ulin diyakini dapat mendongkrak promosi pariwisata yang saat ini digarap ITDC. Salah satunya Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
Kang Dede
Erick Thohir jug memboyong Kristia Budiyarto alias Kang Dede ke kursi Komisaris Independen PT Pelni (Persero) pada tahun lalu. Ia juga merupakan influencer Jokowi yang aktif di media sosial, terutama Twitter @kangdede78.
Kang Dede aktif mendukung Jokowi sejak masih bertarung di Pilgub DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dukungannya berlanjut hingga Jokowi maju ke Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.
ADVERTISEMENT
M Arief Rosyid Hasan
Satu lagi Relawan Jokowi saat Pilpres 2019 ditunjuk sebagai komisaris di perusahaan yang berafiliasi dengan BUMN. Dia adalah M Arief Rosyid Hasan, yang menduduki kursi Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia pada Desember 2020.
Berdasarkan data yang dikumpulkan kumparan, Arief menyatakan dukungannya pada pasangan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Dia menduduki jabatan penting, menjadi Wakil Direktur Milenial Tim Kemenangan Nasional (TKN), organisasi pendukung Jokowi-Ma'ruf yang diketuai Erick Thohir.
Dalam upayanya mendukung Jokowi-Ma’ruf, Arief yang masih tergolong muda ini juga tercatat mendirikan kelompok relawan milenial 'KitaSatu' untuk menjaring suara dukungan dari kaum muda.
Tak hanya 'KitaSatu', Arief ini juga membentuk Jubir Milenial yang merupakan jejaring aktivis relawan muda pendukung Jokowi-Ma'ruf untuk mempromosikan program-program capres dan cawapres yang mereka usung.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020