kumparan
16 September 2019 13:24

Ada Pasar Ikan Modern, Transaksi di Pelabuhan Muara Baru Meningkat

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Pedagang Ikan
Persiapan pedagang ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru jelang peresmian. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Perum Perindo telah ditunjuk oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengelola Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru. Dirut Perum Perindo, Risyanto Suanda, mengungkapkan saat ini di PIM semakin ramai masyarakat. Imbasnya, transaksi jual-beli ikan di Pelabuhan Muara Baru meningkat drastis.
ADVERTISEMENT
“Transaksi kita sekarang lebih besar karena dengan adanya fasilitas yang lebih bagus ini sebenarnya mengundang pembeli lebih banyak lagi. Rata-rata transaksi kita per hari sekarang antara Rp 5 miliar sampai Rp 7 miliar,” ujar Risyanto di Kementerian BUMN, Senin (16/9).
Sebelum ada PIM, transaksi jual beli ikan di Pelabuhan Muara Baru hanya Rp 4 miliar. Namun, tinggi rendahnya transaksi ikan di Pelabuhan Muara juga bergantung pada stok.
Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara
Tampak depan bangunan Pasar Ikan Modern (baru) di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Foto: Abdul Latif/kumparan
“Karena ya wajar meningkat, visitor bertambah banyak," sebutnya.
Risyanto menyatakan transaksi jual beli ikan di Pelabuhan Muara Baru paling banyak dilakukan pada malam hari. Sedangkan siang cenderung sepi.
“Saya juga sudah ngobrol sama Dirjen Peningkatan Daya Saing untuk campaign barang. Nanti mungkin di depannya kita taruh fasilitas yang mungkin orang bisa daily activity lah, yang orang ada tidaknya market tetap datang,” tutur Risyanto.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan