Ada Stok 34.784 Ton Daging Sapi & Kerbau Potong untuk Kebutuhan Lebaran 2023

15 April 2023 13:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan daging sapi potong di cold storage milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4/2023). Foto: Dok. Kementan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan daging sapi potong di cold storage milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4/2023). Foto: Dok. Kementan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan daging sapi potong untuk memenuhi kebutuhan Lebaran 2023 jumlahnya aman.
ADVERTISEMENT
Kementan mencatat, stok daging sapi dan kerbau yang tersedia saat ini mencapai 34.784 ton. Perhitungan itu hasil validasi pelaku usaha yang tersebar di Jabodetabek, Batam, Gresik dan Bali.
Dia mengatakan, pelaporan stok dari pelaku usaha sudah rutin dilakukan secara online melalui SIMREK PKH sehingga data stok terpantau aman dan dapat dipertanggungjawabkan.
"Dan saya pastikan ketersediaan daging dan sapi hidup secara hitung-hitungan saat ini dalam posisi cukup bahkan sampai bulan April ini ada over stock yang cukup, baik dari sapi bakalan yang tadi kita lihat di Kabupaten Bekasi maupun sapi pedaging siap potong," kata Syahrul dalam rilis resmi, Sabtu (15/4).
Syahrul mengatakan, pemerintah akan terus memperkuat posisi distribusi baik ke pasar besar maupun pasar lainya yang ada di Jabodetabek. Termasuk pasar-pasar yang ada di luar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera sehingga pasokan daging tersedia secara merata di seluruh Indonesia.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan sapi potong di cold storage milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4/2023). Foto: Dok. Kementan
"Di tingkat supplier utama atau distributor harga juga masih relatif terkendali, range dinamikanya masih normal. Tapi nanti kita akan perkuat posisi distribusinya baik ke pasar-pasar utama maupun daerah lain sehingga antara data dan validasi yang kita temukan sama semua," katanya.
ADVERTISEMENT
Jumat (14/4) lalu, Syahrul mengecek ketersediaan sapi potong di Cold Storage atau tempat penyimpanan daging beku milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Perusahaan itu merupakan perusahaan produk daging sapi pengadaan asal Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Saat ini ketersediaan daging sapi di sana kurang lebih mencapai 15 ribu ton serta 5 ribu ton untuk stok daging ayam.
"Di tempat tersebut saya pastikan siap untuk membantu pemerintah dalam menyuplai daging sapi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi secara keseluruhan tidak ada masalah dengan ketersediaan daging sapi kita. Masyarakat tidak perlu khawatir, Insyaallah hingga lebaran nanti cukupi," jelasnya.