Adik Prabowo Bakal Bangun Konservasi Orang Utan di IKN Tahun Depan

29 Desember 2023 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo dalam acara Konsolidasi Pasukan Digital Menangkan Prabowo-Gibran di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023). Foto: Zamachsyari/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo dalam acara Konsolidasi Pasukan Digital Menangkan Prabowo-Gibran di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023). Foto: Zamachsyari/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono mengatakan ada sebanyak 15 proyek direncanakan bakal groundbreaking di IKN pada Januari-Februari 2024. Salah satunya, proyek Pulau Suaka Orang Utan yang digarap Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD).
ADVERTISEMENT
Yayasan Arsari Djojohadikusumo adalah milik keluarga Hashim Djojohadikusumo, adik dari calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Berdasarkan laman resmi YAD, Yayasan Arsari Djojohadikusumo merupakan pengembangan berbagai kegiatan sosial pribadi yang dilakukan oleh Keluarga Hashim Djojohadikusumo. Adapun Arsari merupakan akronim dari nama tiga anak Hashim Djojohadikusumo, yaitu Aryo, Sara dan Indra.
Sayangnya, Agung tidak menyebut berapa nilai investasi adik Prabowo itu. "Ya, ini nanti kita akan lihat mengenai nilainya. Biasanya kalau nilai nanti kita akan sampaikan menjelang groundbreaking," kata Agung saat online media briefing, Jumat (29/12).
Dalam laman resmi YAD disebutkan, Otorita Ibu Kota Nusantara telah meneken komitmen kerja sama dengan Yayasan Arsari sejak Februari 2023. Kerja sama ini dalam rangka melindungi orang utan dengan mengembangkan Pulau Suaka Orang Utan di Pulau Kalawasan, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 10 km dari Titik Nol Nusantara.
ADVERTISEMENT
Tujuan pembangunan Pulau Suaka ini adalah untuk menyediakan tempat perlindungan orang utan jantan dewasa dengan memberikan fasilitas dan pengelolaan yang memenuhi prinsip kesejahteraan satwa terutama bagi orang utan yang telah ditetapkan tidak dapat dilepasliarkan ke habitat alaminya karena alasan tertentu.
Prabowo bersama adiknya, Hashim Djojohadikusumo. Foto: Instagram/@prabowo
Pulau Suaka Orang Utan ini juga dihadapkan dapat membantu mengurangi beban berupa biaya dan risiko fisik dari keberadaan orang utan jantan dewasa berpipi lebar di berbagai Pusat Rehabilitasi atau Reintroduksi orang utan.
Tak hanya itu, keberadaan orang utan di pulau yang dijadikan sebagai habitatnya diharapkan lebih terjamin untuk kesejahteraannya, dan pulau-pulau di sekitarnya diharapkan lebih terjaga ekosistemnya sehingga menjadi tempat perkembangbiakan dari hewan-hewan laut yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
ADVERTISEMENT
"IKN punya salah satu visi adalah menguatkan keanekaragaman hayati dan tentunya peran orang utan sangat penting di sana dan Arsari akan berperan dalam bagaimana pulau Suaka, pulau Suaka bagi orang utan," kata Agung.
Agung bilang, proyek di IKN tidak cuma berfokus ke pembangunan fisik tapi juga aspek-aspek hijau seperti rehabilitasi, reboisasi, reforestasi, serta menjaga keanekaragaman hayati.
"Itulah yang akan jadi fokus, seperti juga groundbreaking kemarin, (pesan) Pak Presiden sangat kental, sangat nyata, groundbreaking itu tidak hanya pembangunan fisik," pungkasnya.