Bisnis
·
6 Januari 2021 14:03

Anak SMA Bikin Petisi Tolak Galon Sekali Pakai Le Minerale, Diteken Puluhan Ribu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anak SMA Bikin Petisi Tolak Galon Sekali Pakai Le Minerale, Diteken Puluhan Ribu (34319)
Ilustrasi Le Minerale. Foto: dok. Le Minerale
Galon sekali pakai Le Minerale yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya mendapat penolakan. Ini bisa dilihat dari adanya petisi penolakan galon sekali pakai dalam laman change.org.
ADVERTISEMENT
Penggagas petisi tersebut adalah Elhan dan Helfia, dua anak SMA yang peduli lingkungan. Hingga saat ini, petisi tersebut telah ditandatangani oleh lebih dari 21 ribu orang dari target 25 ribu.
“Sebagai anak SMA kami diajari untuk peduli lingkungan. Di SMA saya pun ada program Envirochallenge untuk ngurangin botol air mineral sekali pakai. Ada galon isi ulang di sekolah. Jadi gak perlu beli air mineral kemasan lagi,” tulis Elhan dan Helfia seperti dikutip dari petisi tersebut, Rabu (6/1).
“Pas pertama lihat iklan Le Minerale, jujur kami sedih. Upaya kami buat mengurangi wadah plastik sekali pakai dengan galon isi ulang seakan dipatahkan oleh hadirnya galon sekali pakai Le Minerale,” lanjutnya.
Anak SMA Bikin Petisi Tolak Galon Sekali Pakai Le Minerale, Diteken Puluhan Ribu (34320)
com-Kunjungan ke pabrik Le Minerale Foto: Dok. Istimewa
Dalam petisi itu juga dituliskan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebenarnya sudah mengatur beberapa jenis produk dan kemasan produk sekali pakai dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.
ADVERTISEMENT
"Tapi KLHK kelihatannya belum ambil langkah nih. Karena itulah kami bikin petisi. Kami ingin mendorong agar PT Tirta Frisindo Jaya untuk menarik produk galon sekali pakai ini,” tulisnya.
“Jangan sampai kita mengalami krisis baru di tengah pandemi Covid19 ini! Kita semua berhak mendapatkan lingkungan bebas dari sampah plastik sekali pakai,” tambahnya.
Anak SMA Bikin Petisi Tolak Galon Sekali Pakai Le Minerale, Diteken Puluhan Ribu (34321)
com-Kunjungan ke pabrik Le Minerale Foto: Dok. Istimewa
PT Tirta Fresindo Jaya sebagai produsen Le Minerale merupakan bagian usaha dari Mayora Group. Saat dikonfirmasi kumparan, Direktur Mayora Group Ricky Afrianto belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut terkait petisi tersebut.
Ricky bilang, pihak Le Minerale yang akan memberikan penjelasan. Namun hingga saat ini belum ada keterangan apa pun dari PT Tirta Fresindo Jaya selaku produsen Le Minerale mengenai petisi tersebut.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini.