kumparan
22 Oktober 2018 18:52

Anak Usaha Lapindo Brantas Dapat Blok Migas Baru di Banyumas

lumpur Lapindo
Suasana lumpur Lapindo yang menimbun desa di sekitar Porong, Kabupaten Sidoarjo, di Jawa Timur. (Foto: AFP PHOTO/ Adek Berry)
Kementerian ESDM baru saja mengumumkan hasil lelang Wilayah Kerja atau blok migas tahap II 2018. Salah satu pemenangnya adalah PT Minarak Brantas Gas yang mendapatkan Blok Banyumas.
ADVERTISEMENT
PT Minarak Brantas Gas merupakan anak usaha Lapindo Brantas Inc. Induk usaha Minarak Brantas merupakan pemegang kontrak Blok Brantas di Jawa Timur yang menghasilkan semburan lumpur di Sidoarjo.
Direktur Utama Lapindo Brantas, Faruq Adi Nugroho, mengatakan ketertarikan anak usaha mereka untuk mengelola Blok Banyumas karena ingin mengembangan potensi migas di blok itu. Blok Banyumas ini merupakan WK eksplorasi.
“(Produksi gas) semaksimalnya. Minimal 50 MMBTU. Kita tarik sebanyak-banyaknya. Bisalah kita ingin membangun di tanah kelahiran sendiri,” katanya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (22/10).
Untuk menemukan cadangan gas, Faruq sudah menyiapkan dana eksplorasi. Tapi dia enggan membocorkan berapa uang yang akan digelontorkan perusahan.
“Sudah kita siapkan kok dananya. Kita sesimik bentar sudah bisa langsung produksi kok,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Setelah mendapatkan hak kelola blok ini, Minarak Brantas membayar Komitmen Pasti Eksplorasi USD 4 juta dan bonus tanda tangan USD 500 ribu ke pemerintah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan