Anti Kantong Bolong, Ini 4 Tips Belanja Akhir Tahun dari Financial Planner

14 Desember 2022 16:42 WIB
·
waktu baca 6 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tips belanja online di akhir tahun dari financial planner. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Tips belanja online di akhir tahun dari financial planner. Foto: kumparan
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Belanja online menjadi kebutuhan sekaligus stress relief bagi banyak orang. Apalagi di penghujung tahun jelang Hari Belanja Nasional (Harbolnas), ada banyak penawaran spesial yang membuat kegiatan belanja semakin hemat dan menyenangkan.
Tak heran, akhir tahun menjadi saat yang tepat untuk melakukan self-reward atau mengapresiasi diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir. Sebagian orang juga menjadikan momen spesial ini untuk memberikan hadiah sebagai wujud apresiasi kepada orang terkasih.
Meski di akhir tahun banyak bonus dan diskon yang akan didapatkan saat belanja online, sebaiknya kita tetap bijak mengatur keuangan. Perencana Keuangan Tersertifikasi, Metta Anggriani CFP, mengatakan bahwa kita harus menerapkan kiat belanja khusus di akhir tahun ini agar situasi dompet tetap terjaga.
“Kebutuhan berbelanja yang kian meningkat di akhir tahun mendorong kita untuk semakin cerdas mengatur keuangan. Di era serba digital ini, masyarakat pun semakin dimudahkan untuk berbelanja bijak dengan kehadiran berbagai teknologi, kampanye, hingga sumber informasi yang tak terbatas. Selain bisa menghemat budget yang sudah disediakan, masyarakat bahkan bisa memenuhi lebih banyak kebutuhan apabila menerapkan tips-tips strategis ketika berbelanja akhir tahun,” ujar Metta.
Nah, enggak sabar berbelanja akhir tahun untuk keluarga, sahabat, atau wujudkan self-reward tahunan yang sudah didambakan? Yuk, simak empat tips belanja habis-habisan akhir tahun yang enggak bikin kantong bolong ala Metta Anggriani berikut ini:
1. Membuat rencana anggaran berdasarkan prioritas
Sebelum belanja online, satu hal penting yang harus dilakukan adalah membuat rencana keuangan. Metta mengungkapkan bahwa perencanaan ini bisa dilakukan dengan dua jenis pendekatan.
Pertama, susun terlebih dahulu daftar belanja dan keperluan akhir tahun, termasuk siapa saja yang hendak diberikan hadiah, baru selanjutnya budget yang diperlukan bisa diperhitungkan. Bila ternyata dana yang dibutuhkan lebih besar dari perkiraan, maka buatlah skala prioritas. Sebaliknya, pada pendekatan kedua, budget bisa ditetapkan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan membuat daftar barang apa saja yang ingin dibeli. Dengan menentukan batasan budget tertentu, pengeluaran akan lebih terkontrol.
Tanpa perlu ribet, rencana anggaran kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan gadget. Ya, ada banyak aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk membantu pengaturan keuangan dengan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau anggaran sesuai dengan preferensi pribadi.
Rencanakan anggaran dari jauh hari dan lakukanlah evaluasi secara berkala. Menyisihkan dana di awal tahun akan lebih baik untuk menghindari over budget di kemudian hari. Jadi, setelah kamu sukses belanja di akhir tahun ini, kamu bisa mulai membuat rencana belanja berikutnya di tahun depan.
2. Bandingkan harga dan cari penawaran terbaik
Jangan ragu mencari harga termurah untuk barang yang sama. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih panjang, namun hasilnya akan sangat memuaskan saat kamu mengetahui berapa banyak budget yang tersisa. Terkadang, penawaran terbaik bukan hanya dalam bentuk harga yang lebih murah, tetapi mungkin juga ada jasa tambahan yang lebih menguntungkan.
Namun jangan lupa untuk juga melihat dan membandingkan “syarat dan ketentuan” dari masing-masing toko sebelum kamu belanja. Termasuk memastikan tidak ada biaya-biaya tambahan dari harga murah yang ditawarkannya.
3. Manfaatkan promo atau diskon akhir tahun
Menjelang akhir tahun, kita juga dapat memanfaatkan promo seperti diskon, cashback, atau momen Harbolnas yang telah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Cara ini dapat menekan pengeluaran berlebih di saat-saat high season seperti Natal dan Tahun Baru. Kalau bisa berhemat, kenapa harus membayar lebih, kan?
Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan Akhir Tahun sampai tanggal 14 Desember. Foto: Lazada
Apalagi khusus sampai tanggal 14 Desember hari ini, ada penawaran spesial dari Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan Akhir Tahun, yaitu:
- Bonus Dadakan hingga Rp 1,2 juta, yang dikumpulkan sejak tanggal 7-14 Desember, dan bisa digunakan sebagai potongan harga langsung di tanggal 12-14 Desember.
- LazFlash (flash sale) produk-produk berkualitas dengan Diskon hingga 90 persen.
- Tentunya ada juga promo Crazy Brand Mega Offer setiap pukul 19.00-24.00 WIB di tanggal 12-14 Desember. Kamu berkesempatan mendapatkan promo diskon hingga 95 persen untuk semua produk-produk berkualitas dan original dari brand favorit konsumen.
Selain promo utama yang bisa kamu nikmati selama periode Lazada 12.12 berlangsung, ada juga beberapa promo seru untuk produk-produk kebutuhan yang semakin melengkapi keseruan jelang akhir tahun dan menyambut Tahun Baru:
- Biar tampil glowing di acara akhir tahun bersama teman maupun keluarga, lengkapi kebutuhan kecantikan kamu dengan promo spesial diskon sampai dengan 90 persen + potongan voucher s/d 50 persen untuk berbagai produk kecantikan baik dari brand lokal, internasional hingga premium. Nikmati promo spesial dari LuxCrime (exclusive Buy 1 Get 1), Skintific (Serba Rp 110 ribu) dan Kiehls (exclusive Buy 1 Get 1). Jangan takut untuk ekspresikan kecantikanmu di akhir tahun ini ya!
Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan Akhir Tahun sampai tanggal 14 Desember. Foto: Lazada
- Ekspresikan gayamu habis-habisan di akhir tahun ini dengan penawaran terbaik diskon sampai dengan 90 persen dan promo spesial dari brand-brand lokal maupun internasional, seperti Adidas (beli 2, extra diskon 40 persen!), Nike (beli 2 extra diskon 10 persen + voucher s/d 17 persen), Calla The Label (diskon s/d 50 persen).
- Untuk kamu yang akan menikmati akhir tahun di rumah saja bersama orang-orang terdekat, di Lazada 12.12 Promo Habis-habisan Akhir Tahun juga ada beberapa promo untuk produk TV dan elektronik rumah tangga dari brand pilihan hingga 75 persen + extra voucher hingga 1 juta. Special Price untuk TV dari brand elektronik yang sayang untuk dilewatkan, seperti diskon 45 persen untuk COOCAA Smart LED TV 32 Inch, diskon 57 persen TCL 32 inch Smart LED TV, dan diskon 53 persen untuk Xiaomi TV A2 32" Smart HD Dolby Audio™ Android TV™.
Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan Akhir Tahun sampai tanggal 14 Desember. Foto: Lazada
4. Manfaatkan Gratis Ongkir
Nominal biaya ongkir mungkin tidak seberapa, namun bila kamu belanja beberapa barang dari toko yang berbeda, pastinya akan menjadi budget yang perlu diperhitungkan. Nah, belanja di Lazada tidak perlu khawatir soal ongkir, karena Lazada punya pengiriman cepat dan gratis ongkir tanpa minimum pembelanjaan. Jadi, buat kamu yang gemar belanja online, jangan lupa untuk memanfaatkan gratis ongkir supaya masih ada budget tersisa buat kebutuhan lainnya.
Di festival belanja Lazada 12.12 kali ini, Lazada juga mengadakan program Lazada 12.12 Kejar Promo Akhir Tahun yang dapat diikuti hanya dengan mengetik KejarPromo1212 di aplikasi Lazada atau scan barcode di titik-titik promosi (billboard atau iklan di bioskop) di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya, yang akan berlangsung hingga 14 Desember. Kamu punya banyak kesempatan memenangkan Samsung Galaxy Z Flip 4 seharga Rp 12 ribu rupiah dan voucher belanja Rp 1,2 juta, lho!
Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan Akhir Tahun sampai tanggal 14 Desember. Foto: Lazada
Itulah beberapa tips puas belanja akhir tahun yang dapat kamu lakukan agar kantong enggak bolong dan tetap bisa membahagiakan orang sekitar, dan diri sendiri. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunduh aplikasi Lazada dan nikmati keuntungan #PromoHabisHabisan selama periode kampanye berlangsung, atau ikuti laman media sosial Lazada di Instagram @lazada_id, Twitter @LazadaID, YouTube Lazada Indonesia, dan TikTok lazadaid.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada