Aplikasi myBCA Dilengkapi Fitur Biometrik, Apa Saja Kelebihannya?

1 September 2022 17:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kelebihan fitur biometrik yang kini disematkan di aplikasi myBCA versi mobile. Foto: BCA
zoom-in-whitePerbesar
Kelebihan fitur biometrik yang kini disematkan di aplikasi myBCA versi mobile. Foto: BCA
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Platform digital BCA, myBCA, sejak pertengahan 2021 lalu telah menghadirkan solusi untuk berbagai urusan perbankan dalam satu akses lewat BCA ID. Ya, hanya menggunakan satu user id, nasabah sudah bisa mengakses seluruh informasi rekening seperti tabungan hingga portofolio investasi.
Seiring waktu, berbagai fitur terbaru pun ditambahkan demi mempermudah urusan nasabah, termasuk bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Salah satunya dengan disematkannya biometric scanner untuk nasabah yang mengakses myBCA via mobile.
Lewat fitur yang bisa digunakan di gadget dengan biometric scanner ini, nasabah dapat mengakses ke aplikasi menggunakan fingerprint (sidik jari) atau face recognition/face ID (pengenalan wajah). Tidak hanya memudahkan login, fitur biometrik juga dianggap lebih aman dan memiliki beberapa keunggulan yang berfungsi melindungi data nasabah. Apa saja?

Keunggulan fitur biometrik

1. Tidak dapat ditiru atau dipalsukan
Berbeda dari password BCA ID yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf, fitur biometrik memanfaatkan data yang ‘menempel’ di tubuh nasabah, yakni wajah dan sidik jari, sebagai akses masuk ke dalam aplikasi.
Karakteristik wajah dan sidik jari yang berbeda pada setiap individu ini dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan karena data tidak bisa dicuri atau dipalsukan. Hal ini membuat aplikasi myBCA sulit dibobol oleh oknum tak bertanggung jawab.
2. Tidak khawatir saat lupa password
Ada banyak alasan yang membuat kita bisa lupa password. Bila terus-menerus gagal masuk ke aplikasi akibat salah memasukkan password, akun bisa terblokir dan harus melalui tahapan panjang nan merepotkan untuk memulihkannya.
Teknologi biometrik bertujuan mengatasi masalah yang cukup merepotkan tersebut. Karena kita bisa langsung login ke aplikasi hanya dengan menempatkan jari atau mengarahkan wajah ke layar handphone. Cara ini juga bisa mempercepat kita untuk mengakses aplikasi saat berada di tengah kesibukan.
Fitur biometrik pada myBCA tersebut tidak benar-benar menggantikan input password BCA ID, melainkan sebagai opsi untuk mempermudah nasabah yang mobile sekaligus untuk mencegah fraud. Nah, bagi nasabah BCA yang memiliki akun myBCA, sebelum menggunakan fitur ini, nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur biometrik pada aplikasi. Berikut caranya:
1. Login ke aplikasi myBCA.
2. Masuk ke menu Pengaturan.
3. Aktifkan fitur ‘Masuk dengan Biometrik’.
4. Setujui syarat dan ketentuan pengaktifan fitur biometrik.
5. Masukkan PIN transaksi untuk verifikasi.
6. Fitur biometrik berhasil diaktifkan.
Jadi sekarang tidak usah khawatir lagi saat terburu-buru atau lupa password, karena kini login BCA ID di myBCA bisa dengan biometrik.
Perlu diingat, meskipun kini akses aplikasi myBCA sudah semakin mudah, nasabah harus tetap berhati-hati terhadap kemungkinan modus penipuan. Selalu jaga kerahasiaan data pribadi yang sifatnya rahasia seperti BCA ID, password, PIN, OTP, dan lainnya.
Informasi lebih lanjut mengenai fitur ‘Masuk dengan Biometrik’ di myBCA, cek di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan BCA