Bisnis
·
20 September 2021 11:58
·
waktu baca 3 menit

Aplikasi Peduli Lindungi Bikin Penonton Bioskop Sepi, Ini Langkah CGV

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Aplikasi Peduli Lindungi Bikin Penonton Bioskop Sepi, Ini Langkah CGV (9202)
searchPerbesar
CGV hari corona Foto: Reuteurs
Setelah nyaris dua bulan tutup akibat melonjaknya kasus COVID-19 diiringi pemberlakuan PPKM, bioskop saat ini sudah mulai beroperasi dengan beberapa persyaratan. Salah satu yang menjadi sorotan adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke bioskop.
ADVERTISEMENT
PeduliLindungi disebut membuat sepi pengunjung karena masyarakat berpikir dua kali mau ke bioskop akibat syarat pakai aplikasi tersebut. Meski begitu, aplikasi PeduliLindungi dianggap bisa juga membuat pengunjung lebih merasa aman.
"Ada iya dan ada tidak. Bagi orang-orang yang memang menjaga sekali prokes ia akan lebih merasa save, lebih merasa tenang karena orang-orang yang masuk ke bioskop sudah vaksin 2 kali, bukan sekali. Namun bagi orang yang mungkin belum vaksin itu mereka pastinya agak sedikit merasa bahwa kenapa begini kenapa begitu," kata Public Relation dan Corporate Communication CGV Cinemas, Marsya Gusman, saat dihubungi kumparan, Senin (20/9).
Marsya mengatakan tujuan utama CGV dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi adalah mengikuti arahan pemerintah dan memberikan rasa aman dan nyaman ke semua pengunjung. Selain itu, kata Marsya, langkah tersebut juga bisa mendukung percepatan vaksinasi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Marsya mengakui saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui syarat penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Sehingga berpotensi menimbulkan antrean panjang saat pemeriksaan. Untuk itu, Marsya memastikan sosialisasi persyaratan masuk ke bioskop harus terus dilakukan.
"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah kami menyediakan tempat khusus karena orang-orang bisa mendownload dahulu aplikasi PeduliLindungi sehingga tidak membuat antrean itu terlalu panjang, antrean terlalu panjang biasanya karena orang-orang tidak langsung mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi itu. Lain cerita kalau misalnya mereka sudah mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi mereka bisa langsung masuk. Jadi trafficnya juga enggak terlalu ramai di area kedatangan tersebut," ungkap Marsya.
Aplikasi Peduli Lindungi Bikin Penonton Bioskop Sepi, Ini Langkah CGV (9203)
searchPerbesar
Pengunjung memindai QR Code dengan aplikasi PeduliLindungi saat hari pertama pembukaan mal di Beachwalk Shopping Center, Kuta, Badung, Bali, Rabu (8/9/2021). Foto: Fikri Yusuf/Antara Foto
Marsya tidak menampik kalau masih ada masyarakat yang khawatir menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Menurutnya masyarakat bisa uninstall kalau tidak lagi dimanfaatkan sebagai persyaratan ke fasilitas publik.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Bagi masyarakat yang masih khawatir menggunakan aplikasi tersebut mereka bisa mendownlodnya saat memasuki area seperti bioskop atau mal dan selebihnya jika mereka merasa tidak nyaman bisa di uninstall kembali, tapi kami ya concern juga ke pemikiran dari pengunjung. Tapi tujuan utama kami memberikan kenyamanan," ujar Marsya.
Marsya menegaskan pihaknya mengedepankan protokol kesehatan saat beroperasinya bioskop. Pemeriksaan rutin terkait protokol tersebut juga dilakukan di bioskop CGV. Ia mengungkapkan, sejak beroperasi di pekan kemarin, masyarakat sudah mulai berdatangan menikmati film di bioskop.
"Kalau misalnya minggu kemarin saat buka di awal-awal mungkin tidak langsung ramai tapi cukup saja, karena mungkin belum banyak yang tahu bioskop dibuka. Tapi di sore hari jam-jam pulang kerja itu pengunjung sudah lebih ramai dan saat weekend lebih ramai lagi," ungkap Marsya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dinilai pengusaha bioskop berdampak pada sepinya penonton. Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin, mengatakan banyak penonton di daerah tidak punya akses ke aplikasi lantaran tidak mempunyai telepon seluler yang mendukung.
"Masih sepi pengunjung, orang penontonnya enggak ada. Kenapa? karena aplikasi itu di daerah susah. Di daerah banyak yang enggak punya HP, ada juga HP jadul," tutur Djonny kepada kumparan.
Aplikasi Peduli Lindungi Bikin Penonton Bioskop Sepi, Ini Langkah CGV (9204)
searchPerbesar
Pengunjung duduk di kursi penonton bioskop CGV, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (16/9/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Djonny mengungkapkan, dalam kurun waktu tiga hari setelah diizinkan buka, total hampir 70 persen bioskop sudah beroperasi lagi. Namun, sepinya penonton membuat sebagian pengusaha berencana untuk menerapkan hanya akan mengoperasikan bioskop tiga hari dalam seminggu.
Langkah ini dilakukan demi menekan kerugian dan menomboki beban operasional jika bioskop dibuka setiap hari. Sebab menurutnya, pemberlakuan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk bioskop, membuat jumlah kunjungan jauh lebih sepi ketimbang saat PSBB diberlakukan.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020