Baim Wong Datangi Kantor Bea Cukai, Bahas iPad Murah Rp 1 Juta

29 Desember 2023 20:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Baim Wong bertemu Direktur Bea Cukai Nirwala.
zoom-in-whitePerbesar
Baim Wong bertemu Direktur Bea Cukai Nirwala.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Baim Wong datangi kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) hari ini, Jumat (29/12). Kedatangannya itu terkait iPad harga miring Rp 1 jutaan yang ia jual.
ADVERTISEMENT
"Langsung aja ke Bea Cukai-nya. Kalau nggak salah, ngapain takut," kata Baim dalam Instagram @baimwong, dikutip Jumat (29/12).
Dalam postingan itu, Baim mengaku membawa bukti pembelian iPad. Kemudian, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Dirjen Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto, mengungkapkan pembelian iPad dilakukan secara legal.
"Orang saya ada suratnya (pembelian secara legal) Pak. Jadi berarti aman ya?" kata Baim.
"Aman, aman. Ada faktur pembelian lokalnya kan?" jawab Nirwala.
"Ada, ada semuanya," ungkap Baim.
Sebelumnya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani meminta penjelasan Baim Wong soal menjual iPad seharga Rp 1 jutaan. Mulai dari kondisi barang hingga tujuan ia menjual barang tersebut dengan harga miring.
"Barangnya dari mana? Apakah impor atau bukan? Kalau barang dari dalam negeri (DN) dan memang sudah diperjualbelikan di DN, maka tentunya sesuai dengan ketentuan perdagangan di DN," kata Asko kepada kumparan, Kamis (28/12).
ADVERTISEMENT
Sementara, jika barang tersebut impor, Baim perlu memperlihatkan dokumen impor. Kemudian, pihak Bea Cukai akan mengecek dokumen tersebut, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak.
"Jadi banyak hal yang perlu di-recheck bersama. Perlu dilihat juga barang bagaimana kondisi nya, baru atau lama? Speknya, lama atau baru? Jualnya untuk kasih bantuan atau mau dapatkan laba?" ungkap Asko.
"Jadi sebaiknya ditanyakan langsung ke Baim, supaya clear dan tidak salah menilai," tambahnya.