kumparan
25 Maret 2019 17:00

Bank BRI Terbitkan Global Sustainability Bond Pertama di Indonesia

Gedung BRI
Gedung BRI. Foto: Dok. BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI menerbitkan Global Sustainability Bond pertama dengan nilai sebesar USD 500 juta. Obligasi dengan mata uang USD ini memiliki tenor lima tahun dengan coupon rate sebesar 3,95 persen dan dibayar semi-annually.
ADVERTISEMENT
Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto, menjelaskan keistimewaan dari obligasi ini adalah karena memiliki skema berwawasan lingkungan (green) dan sosial. Penerbitannya juga memenuhi standar Sustainability Bond ASEAN.
“Ini juga merupakan penerbitan Sustainability Bond pertama dari perusahaan BUMN maupun dari lembaga keuangan di Indonesia,” katanya melalui pernyataan tertulis yang diterima kumparan, Senin (25/3).
Dia menambahkan, penawaran Sustainability Bond ini langsung menarik minat investor secara signifikan. Jumlah permintaan obligasi global ini mencapai USD 4,1 miliar, meski nilai total obligasi yang ditawarkan hanya sebesar USD 500 juta. Ini berarti, tingkat oversubscription mencapai lebih dari delapan kali.
“Keberhasilan penerbitan Sustainability Bond ini menunjukkan kepercayaan investor global terhadap komitmen praktik keuangan berkelanjutan yang dilakukan BRI,” ujar Bambang.
ADVERTISEMENT
Menurut Bambang, kepercayaan yang tinggi dari para investor nasional dan internasional di pasar modal, ditunjang oleh kinerja keuangan BRI dalam satu dekade terakhir yang sangat baik. Bahkan, spread dari global bond yang diterbitkan BRI merupakan yang paling baik di antara perusahaan-perusahaan publik di Indonesia.
“Penerbitan Sustainability Bond ini merupakan bentuk komitmen BRI sebagai first mover dalam mengimplementasikan praktik keuangan berkelanjutan di Indonesia yang diprakarsai Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” imbuh Bambang.
Penerbitan Sustainability Bond ini merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan BRI untuk segmen UMKM. Hal ini memperkuat bisnis BRI di segmen UMKM, apalagi hingga Desember 2018 lalu, penyaluran kredit di segmen ini telah mencapai 76,5 persen dari total kredit BRI.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan