Bisnis
·
22 Juli 2021 14:40
·
waktu baca 1 menit

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen (38532)
searchPerbesar
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: Dok. Departemen Komunikasi Bank Indonesia.
Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan di level 3,5 persen. Hal tersebut diputuskan berdasarkan Rapat Dewan Gubernur BI pada 21-22 Juli 2021.
ADVERTISEMENT
Selain itu, BI juga mempertahankan suku bunga deposit facility di level 2,75 persen dan lending facility 4,25 persen.
“Rapat Dewan Gubernur BI pada tanggal 21 dan 22 Juli 2021 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7 Day Repo Rate tetap sebesar 3,5 persen,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/7).
Perry menyebut, keputusan tersebut diambil karena ada ketidakpastian keuangan global di tengah inflasi yang rendah dari COVID-19, stabilitas eksternal dan nilai tukar rupiah yang terjaga, dan sebagai upaya bersama untuk memperkuat pemulihan ekonomi nasional.
BI terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif serta mendukung perbaikan ekonomi nasional melalui berbagai langkah ini seperti melanjutkan kebijakan nilai tukar rupiah yang sejalan dengan fundamental.
ADVERTISEMENT
"Juga mendorong intermediasi penguatan transaksi suku bunga kredit dengan pertimbangkan premi risiko. Memperkuat ekosistem penyelenggaraan sistem pembayaran melalui aturan Bank Indonesia," katanya.