Bisnis
·
18 Oktober 2019 12:41

Bank Mantap Bikin Gedung Baru, Telan Dana Rp 211 Miliar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bank Mantap Bikin Gedung Baru, Telan Dana Rp 211 Miliar (323472)
Peresmian pembangunan proyek Kantor Graha Mantap. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap), anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, membangun kantor baru yang bernama Gedung Graha Mantap yang terletak di Jalan Proklamasi, Cikini, Jakarta Pusat. Ini menjadi salah satu upaya strategis Bank Mandiri untuk mengoptimalisasikan pengelolaan aset perseroan.
ADVERTISEMENT
Bangunan yang menelan biaya investasi Rp 211 miliar tersebut akan berdiri di atas lahan seluas 4.428 meter persegi (m2), dengan total luas bangunan gedung sekitar 11.964 m2. Gedung tersebut nantinya akan terdiri dari 12 lantai untuk fungsi kantor dan 1 lantai semi basement dengan fungsi komersial.
Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Nariman Prasetyo, serta Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana, turut hadir dalam tanda peresmian proyek pembangunan tersebut.
Bank Mantap Bikin Gedung Baru, Telan Dana Rp 211 Miliar (323473)
Peresmian pembangunan proyek Kantor Graha Mantap. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Pada proyek ini, WEGE mengembangkan bisnis konsesi melalui pembangunan gedung kantor di atas lahan milik Bank Mandiri dengan pola kerja sama BOT (Build, Operate, Transfer) selama 30 tahun.
ADVERTISEMENT
Kartika mengatakan, proyek tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2020, dengan masa pemeliharaan 12 bulan.
”Meskipun sesama BUMN, kami tetap memastikan bahwa penetapan WEGE sebagai kontraktor pembangunan Graha Mantap ini telah melalui proses tender, yang mengedepankan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Sehingga diperoleh pemenang dengan penawaran terbaik”, ujar pria yang akrab disapa Tiko itu saat peresmian proyek pembangunan Gedung Graha Mantap di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (18/10).
Bank Mantap Bikin Gedung Baru, Telan Dana Rp 211 Miliar (323474)
Peresmian pembangunan proyek Kantor Graha Mantap. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Sementara itu, pihak WEGE optimistis dapat mengerjakan proyek tersebut tepat waktu dan memberikan hasil yang terbaik. Direktur Utama WEGE Nariman Prasetyo mengungkapkan, proyek ini akan menambah pendapatan BUMN konstruksi itu di 2021.
“Konsesi ini nantinya akan memberikan tambahan revenue WEGE di tahun 2021,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Perkantoran tersebut rencananya akan dihuni oleh anchor tenant, yaitu Bank Mantap yang merupakan anak perusahaan Bank Mandiri sebesar kurang lebih 80 persen luasan dari luas total.