Bisnis
·
14 Februari 2020 15:46

Bank Mantap Ganti Komisaris dan Direksi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bank Mantap Ganti Komisaris dan Direksi (31567)
Peresmian Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap). Foto: Selfy Momongan/kumparan
PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019. Dalam rapat umum tersebut, terdapat 3 agenda utama sebagai aksi korporasi yaitu pembagian dividen, pergantian pengurus, dan mengesahkan laporan keuangan 2019.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso menjelaskan, RUPST sepakat membagikan dividen Rp 136,86 miliar atau setara 30 persen dari laba bersih perseroan tahun 2019 yang sebesar Rp 456 miliar. Laba bersih perseroan meningkat 36,8 persen secara year on year (yoy).
“Dengan meningkatnya pembagian dividen dari tahun buku 2018 yakni Rp 100 miliar, mengindikasikan bahwa permodalan Bank Mantap sehat dengan rasio kecukupan modal bank (CAR) sebesar 21,75 persen. Meningkatnya laba bersih dan dividen tersebut ditopang pertumbuhan kredit sebesar Rp 20,31 miliar yang tumbuh 30,9 persen secara tahunan,” ujar Jos dalam keterangan tertulis Bank Mantap, Jumat (14/2).
Bank Mantap Ganti Komisaris dan Direksi (31568)
Bank Mandiri Taspen Pos Foto: bankmantap.co.id
Selain itu, RUPST juga menyetujui komposisi laba bersih tahun 2019 selain untuk dividen, yaitu dimasukkan ke dalam cadangan wajib sebesar 1,10 persen atau senilai Rp 5 miliar dan laba ditahan sebesar 68,90 persen atau senilai Rp 314 miliar.
ADVERTISEMENT
Pada RUPST kali juga menyetujui perubahan susunan manajemen. RUPST memutuskan memberhentikan Edhi Chrystanto dari jabatan Komisaris Independen dan Nurkholis Wahyudi dari jajaran Direksi. Selanjutnya Nurkholis ditarik penugasannya ke Bank Mandiri dan digantikan oleh Agus Sanjaya sebagai Direktur Bisnis.
"Bank Mantap telah memiliki sistem pengelolaan organisasi yang baik, sehingga pergantian pengurus tidak akan mempengaruhi kinerja perseroan dalam merealisasikan seluruh rencana bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” tutup Jos.
Susunan pengurus perseroan sebagai berikut:
Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Abdul Rachman
Komisaris : Agus Haryanto
Komisaris Independen : Sukoriyanto Saputro
Komisaris Independen : Zudan Arif Fakrulloh
Dewan Direksi
Direktur Utama : Josephus K. Triprakoso
Direktur : Paulus E. Suyatna
Direktur : Iwan Soeroto
ADVERTISEMENT
Direktur : Agus Sanjaya