Bappebti Targetkan 5 Koin Kripto Lokal Diperdagangkan Bulan Ini

4 Januari 2023 17:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi grafik pasar saham kripto. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi grafik pasar saham kripto. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menargetkan lima koin kripto lokal akan diperdagangkan pada Januari 2023. Lima koin ini akan diambil dari sepuluh koin yang masih dalam proses peninjauan Bappebti.
ADVERTISEMENT
Adapun saat ini terdapat 383 jenis aset kripto yang legal yang telah diperjualbelikan di Indonesia. Bappebti juga tengah melakukan kajian terhadap 151 koin baru aset kripto secara ketat, terutama pada penjual koin tersebut.
"Kami sedang lakukan analytical hierarchy process (AHP) terhadap 151 jenis koin di mana, di dalamnya itu ada 10 jenis koin lokal juga," ujar Plt Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko dalam acara Bappebti Outlook 2023 di Kantor Bappebti, Rabu (4/1).
“Mudah-mudahan di minggu ke-4 akan kami umumkan jenis koin lagi yang bisa diperdagangkan dan mudah-mudahan setidaknya tambah 5 koin lagi dari 10 yang dikaji," tambahnya.
Didid menuturkan, pertumbuhan aset kripto lokal di Indonesia dapat berdampak khusus, terutama untuk Bappebti. “Semakin banyak koin lokal semakin baik bagi kita, itu menjadi karya anak bangsa dan pengawasannya juga lebih mudah,” ujar Didid.
ADVERTISEMENT
Namun, ia menegaskan, syarat-syarat koin kripto agar layak diperdagangkan harus dipenuhi. Bappebti siap mendampingi calon oin kripto lokal yang ingin melantai dan dapat diperdagangkan secara legal.
"Mudah-mudahan di akhir bulan ini kami akan sampaikan beberapa jenis koin yang bisa diakui untuk diperdagangkan di Indonesia, dan mudah-mudahan koin lokal tambah lagi," tuturnya.