Bisnis
·
10 Agustus 2020 13:00

Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang! (219990)
Saat membuka usaha baru, kamu butuh cara dan strategi yang tepat agar usahamu cepat dikenal orang. Foto: Shutterstock
Membuka usaha baru bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Di tengah pandemi seperti sekarang, kamu butuh cara dan strategi yang tepat agar usahamu cepat dikenal orang.
Tak hanya butuh keberanian, kamu juga memerlukan promosi sebagai media pemasaran. Dengan menggunakan cara dan strategi yang tepat, peluang usaha untuk meraih keberhasilan saat membuka usaha baru pun semakin besar.
Lantas, apa saja strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan? Yuk simak tips di bawah!

1. Tentukan dan kenali target pasar

Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang! (219991)
Target pasar merupakan suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pembeli. Foto: Shutterstock
Saat mulai membuka usaha baru, hal pertama yang penting kamu lakukan adalah menentukan target pasar. Target pasar merupakan suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran usahamu. Mengetahui target pasar tidak hanya memudahkan penyesuaian produk dan strategi marketing, tetapi juga dapat membidik peluang konsumen untuk membeli produk dengan lebih jelas.
Cara mudah untuk menentukan target pasar adalah dengan menganalisis situasi yang berhubungan dengan konsumen, produsen, dan distributor dengan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats).
Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) berasal dari kondisi internal, hal-hal yang dapat kamu kontrol dan dapat berubah. Misalnya lokasi tempat usaha, siapa yang akan mengelola, keunggulan produk, dan lain-lain.
Sementara Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) merupakan hal eksternal yang memengaruhi usaha. Misalnya para pesaing, harga bahan baku, tren belanja pelanggan, dan sebagainya.

2. Mengetahui keunikan produk yang dijual

Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang! (219992)
Produk yang unik dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Foto: Shutterstock
Keunikan produk menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Sebab, produk yang unik dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.
Untuk menemukan dan menentukan keunikan produk, kamu bisa melakukan beberapa cara. Misalnya memperhatikan kompetitor, menerima saran dari orang-orang terdekat, kemudian berpikir out of the box. Yang perlu diingat dalam menjalankan suatu usaha baru adalah terus berinovasi dan berani mengambil risiko.

3. Buat identitas usaha

Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang! (219993)
Identitas produk dapat membuat usahamu lebih mudah dikenal orang. Foto: Shutterstock
Saat merintis usaha baru, jangan lupa untuk membuat identitas produk agar lebih mudah dikenal orang. Kamu bisa memulainya dengan memikirkan merek atau nama usahamu saat membuat identitas usaha.
Selanjutnya, maksimalkan penggunaan logo dengan desain yang menarik agar strategi branding semakin mudah menarik konsumen. Menerapkan bagaimana warna, jenis tulisan, dan gambar pada logo juga dapat membuat daya tarik konsumen semakin meningkat, lho!

4. Promosi di media sosial

Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang! (219994)
Media sosial menjadi salah satu tempat paling berpengaruh untuk menjalankan strategi pemasaran. Foto: Shutterstock
Media sosial menjadi salah satu tempat paling berpengaruh untuk menjalankan strategi marketing. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, sudah banyak orang yang beralih ke belanja online. Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan konsumen saat melakukan promosi di media sosial.
Gunakan Instagram Ads atau Facebook Ads saat mempromosikan usaha baru di media sosial. Dua platform ini memungkinkan kamu untuk menentukan target pasar, sehingga peluang untuk menjaring konsumen jadi lebih besar. Tak hanya itu, Instagram Ads dan Facebook Ads juga dapat menarik laporan dari promosi yang kamu jalankan.

5. Memakai jasa influencer

Baru Mulai Usaha Kecil-Kecilan? Ini Tips agar Cepat Dikenal Orang! (219995)
Baim Wong Foto: Dok. Munady Widjaja
Hingga saat ini, endorsement melalui para influencer masih menjadi salah satu cara untuk meningkatkan awareness produk. Tak hanya itu, jasa mempromosikan usaha dengan bantuan para influencer juga memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Sehingga, usahamu akan semakin mudah dikenal masyarakat.
Melihat pentingnya jasa influencer dalam perintisan usaha baru, NEO rheumacyl meluncurkan program #NEOPejuangRejeki sebagai bentuk kepedulian dari NEO rheumacyl dalam membantu usaha kecil, terutama yang terkena dampak pandemi COVID-19.
NEO rheumacyl mengajakmu dan para calon wirausahawan untuk mengunggah foto di Instagram mengenai usaha yang baru dirintis. Cara berpartisipasinya mudah, sertakan kisah dibalik usaha tersebut dalam caption, beri hashtag #NEOPejuangRejeki, dan jangan lupa untuk tag @neorheumacyl.
Akan ada 5 pemenang yang usaha barunya akan dipromosikan oleh Baim Wong dan empat influencer lainnya. Tak hanya itu, NEO rheumacyl juga akan memilih 15 pemenang hiburan dan mendapatkan uang tunai senilai 1 juta rupiah untuk modal usaha. Menarik, bukan?
Program ini hanya berlaku dari tanggal 1 Agustus hingga 11 September 2020. Jadi tunggu apalagi? Ini saatnya kamu ikutan #NEOPejuangRejeki dan bangun usaha barumu di tengah pandemi! Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa klik di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan NEO rheumacyl