Bisnis
·
23 Juli 2021 17:17
·
waktu baca 3 menit

Belajar Kelola Bisnis dari Raffi Ahmad: Youtuber hingga Beli Klub Sepak Bola

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belajar Kelola Bisnis dari Raffi Ahmad: Youtuber hingga Beli Klub Sepak Bola (835384)
searchPerbesar
Raffi Ahmad bermain bola dengan Selebritis FC. Foto: Instagram/@raffinagita1717
Nama Raffi Ahmad sudah tak asing lagi di dunia hiburan tanah air. Ia merupakan artis FTV, bintang iklan, pernah terjun di dunia musik, hingga kini lebih dikenal sebagai presenter ulung.
ADVERTISEMENT
Sukses di dunia hiburan sebagai selebritis tidak membuat Raffi Ahmad cepat berpuas diri. Di luar kariernya sebagai selebritis, Raffi Ahmad juga berkiprah sebagai pebisnis. Konon, gurita bisnis Raffi Ahmad tersebar di segala lini.
Bisnis Raffi yang paling banyak menyedot perhatian netizen adalah RANS Entertainment. Sebuah tim management yang dibuat Raffi khusus untuk memproduksi konten Youtube mereka di channel dengan nama yang sama, RANS Entertainment.
Selain menampilkan keseharian keluarga, termasuk keluarga Raffi dan juga keluarga istrinya, Nagita Slavina atau Gigi, channel Youtube tersebut juga berkolaborasi dengan berbagai brand. Bahkan brand-brand besar mulai melirik untuk bisa ngiklan di channel Raffi.
Hingga saat ini channel tersebut memiliki 21 ribu susbcriber dan terus berkembang. Bahkan berdasarkan data Social Blade, akun Youtube RANS Entertainment memiliki penghasilan berkisar USD 19.800 hingga USD 316.100 per bulan atau setara Rp 270-an juta hingga Rp 4,4 miliar sebulan.
ADVERTISEMENT
Tak heran banyak orang yang ingin bergabung menjadi tim RANS. Beberapa waktu lalu RANS Entertainment sempat membuka lowongan. Menurut Raffi, ia hanya mencari 20 orang untuk memperkuat timnya. Menariknya, Raffi mengaku ada 150.000 lamaran yang masuk ke RANS Entertainment.
Selain di bidang digital, Raffi baru-baru ini juga membeli sebuah klub sepak bola asal Cilegon yang kemudian diberi nama RANS Cilegon FC. Sayangnya Raffi tak mau menyebutkan nilai akuisisi klub liga 2 tersebut. Namun di kanal Youtube Vega Darwanti TV, Raffi membeberkan bahwa setiap tahun ia harus menggelontorkan dana Rp 20 miliar untuk belanja operasional atau operasional expenditure (opex). Nilai tersebut sudah mencakup gaji pemain, gaji pengurus, lapangan, perawatan dan lain-lain.
Belajar Kelola Bisnis dari Raffi Ahmad: Youtuber hingga Beli Klub Sepak Bola (835385)
searchPerbesar
Chairman RANS Cilegon FC Raffi Ahmad (kanan) dan Chief Operating Officer (COO) Darius Sinathrya (kiri) mengikuti Kongres PSSI 2021 di Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Setali tiga uang, Raffi juga tengah berencana mendirikan sekolah sepak bola di beberapa daerah. Bersama rekan bisnisnya Rudi Salim, Raffi menggelontorkan investasi Rp 300 miliar untuk sekolah sepak bola tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, sejak setahun lalu, Raffi juga membentuk tim e-sport bernama RANS e-Sport. Raffi memanfaatkan momentum ketika perkembangan e-sport tengah naik pesat. Selain itu Raffi juga memiliki RANS Music dan RANS Animation Studio. Di RANS Animation, Raffi memproduksi serial animasi edukatif dengan tokoh utama Si AA. Animasi ini memang ditujukan untuk anak-anak.
Namun dari kesuksesan gurita bisnis tersebut, ada juga beberapa bisnis Raffi yang tidak lagi terdengar kiprahnya. Sebut saja seperti RANS Living. Di 2016 silam, Raffi dan Gigi sempat menggeluti bisnis furniture. Sayangnya kini RANS Living tidak lagi terdengar kabarnya. Bahkan akun instagramnya juga hilang.
Tak hanya itu, Raffi juga sempat punya bisnis penerbitan bernama RANS Publisher. Namun, bisnis ini sepertinya tak lagi diteruskan oleh Raffi. Kemudian di bidang kuliner, Raffi juga pernah memperkenalkan produk bertajuk Bakmi RN, snack KingKong dan Nagitoz serta gigieatcake. Keempatnya tidak lagi eksis di pasaran. Begitu juga dengan bisnisnya di bidang fashion dengan brand RA Jeans yang nampaknya tak lagi produksi.
ADVERTISEMENT
Tapi nampaknya hal itu juga tak menyurutkan semangat Raffi menjajal bisnis lain. Di kanal Youtube Vega Darwanti TV, Raffi mengatakan dirinya dan Gigi berencana membeli hotel. Bahkan menurut Raffi, Gigi pernah punya hotel namun sudah dijual. Kini keduanya sedang berencana untuk kembali menggeluti bisnis tersebut. Hanya saja Raffi tak membeberkan secara rinci hotel mana yang bakal ia beli.