Bisnis
·
21 September 2020 17:33

Belanja di Warung Pintar Kini Bisa Dilakukan Online via GrabMart

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belanja di Warung Pintar Kini Bisa Dilakukan Online via GrabMart (20441)
Warung Pintar di Tangerang Selatan Foto: Abdul Latif/kumparan
Masyarakat pengguna GrabMart kini bisa berbelanja secara online di Warung Pintar. Warung Pintar yang merupakan perusahaan teknologi untuk mentransformasi warung konvensional, kini telah menjalin kolaborasi dengan GrabMart.
ADVERTISEMENT
"Dengan kerja sama ini, pengguna dapat langsung melakukan pemesanan dengan GrabMart melalui aplikasi dan dilayani pula oleh Juragan (pengelola) Warung Pintar pada platform yang sama," kata CEO dan Co-Founder, Warung Pintar, Agung Bezharie Hadinegoro, melalui keterangan resmi, Senin (21/9).
Kolaborasi antara Warung Pintar dan GrabMart sendiri telah berlangsung sejak akhir Juni 2020. Terhitung September 2020, terdapat belasan warung di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang secara konsisten menggunakan layanan GrabMart untuk bertransaksi dengan pelanggan.
Agung menambahkan, dengan adanya perubahan tren di mana orang-orang merasa lebih aman bila berbelanja online, Warung Pintar mencoba menjangkau para pengguna dan memenuhi kebutuhannya secara digital melalui GrabMart.
Selama ini, fokus Warung Pintar adalah kemitraan dengan pemilik warung yang disebut Juragan. Tapi dengan kolaborasi bersama GrabMart, pelanggan juga menjadi rantai layanan yang menjadi prioritas bagi Warung Pintar.
Belanja di Warung Pintar Kini Bisa Dilakukan Online via GrabMart (20442)
Warung Pintar di Tangerang Selatan Foto: Abdul Latif/kumparan
Sejak pandemi, hampir seluruh Juragan Warung Pintar mengalami penurunan pendapatan. Yakni rata-rata 28 persen, akibat penurunan transaksi. Tapi dengan adanya kerja sama GrabMart, Juragan Warung Pintar memperoleh peningkatan pendapatan hingga 50 persen dari biasanya. Peningkatan pendapatan ini sejalan dengan bertambahnya jumlah pelanggan mereka.
ADVERTISEMENT
Head of Marketing GrabFood dari Grab Indonesia, Hadi Surya Koe, menyatakan kerja sama dengan Warung Pintar sejalan dengan misi GrabForGood untuk membawa dampak positif bagi masyarakat melalui teknologi. Yakni antara lain dengan mendorong digitalisasi lebih banyak pedagang tradisional.
"Grab sangat senang dapat bekerja sama dengan Warung Pintar untuk menyediakan platform digital bagi para juragan warung melalui GrabMart. Kerja sama dengan Warung Pintar kami harap dapat membantu mendorong digitalisasi usaha tradisional yang akan mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi dan memastikan lebih banyak masyarakat dapat mengambil manfaat dari ekonomi digital,” ujarnya.
GrabMart sendiri diluncurkan di masa pandemi, untuk mempermudah masyarakat memperoleh kebutuhan harian dengan mudah dan aman. Selama pandemi, Grab Indonesia juga telah mendigitalisasi lebih dari 185.000 UMKM dan 32.000 pedagang tradisional di ratusan kota di Indonesia dalam ekosistem digital Grab.
ADVERTISEMENT