kumparan
Bisnis20 Januari 2018 12:03

Berburu Ikan Mas Koki Murah di Pasar Jatinegara

Konten Redaksi kumparan
Video
Ikan hias masih menjadi magnet yang cukup menarik bagi sebagian orang. Salah satu tujuan destinasi mencari ikan hias murah adalah Pasar Ikan Jatinegara di Jakarta Timur.
ADVERTISEMENT
Di tempat ini, Anda akan menemukan beragam jenis ikan hias yang ditawarkan oleh puluhan pedagang yang menggelar lapak sederhana. Pasar ikan hias Jatinegara mulai dibuka pukul 04.00 WIB dan ditutup paling malam jam 23.00 WIB. Mayoritas pedagang di sini menjual ikan hias jenis koki yang banyak dipasok dari Tulungagung, Jawa Timur.
Untuk harga sendiri cukup murah. Ikan mas koki di Pasar Jatinegara dibanderol dengan harga paling murah Rp 25.000 per ekor hingga yang paling mahal Rp 125.000 per ekor.
Ikan Koki di Pasar Ikan Jatinegara
Ikan Koki di Pasar Ikan Jatinegara (Foto: Abdul Latif/kumparan)
"Emang sudah dari dulu, peminatnya banyak," ungkap salah satu pedagang ikan mas koki bernama Herman kepada kumparan (kumparan.com) saat ditemui di lokasi, Sabtu (20/1).
Herman menjelaskan ada dua jenis ikan mas koki yang dia jual. Pertama adalah koki jenis Golden Fish yang harganya relatif murah hanya Rp 25.000 per ekor. Ikan mas koki jenis Golden Fish memiliki ukuran badan lebih kecil, bentuk kepala terdapat benjolan dengan struktur yang tidak rata, bentuk perut sedikit lebih besar, serta memiliki warna merah menyala.
ADVERTISEMENT
Sedangkan koki janis Premium sedikit berbeda baik dalam bentuk maupun warnanya. Ikan koki jenis ini memiliki ukuran badan lebih besar, terdapat kombinasi corak warna di sisik dan terdapat benjolan yang lebih besar di bagian wajah. Maka tidak heran, harga jual ikan mas koki Premium bisa mencapai Rp 125.000 per ekor.
Ikan hias di Pasar Ikan Jatinegara
Ikan hias di Pasar Ikan Jatinegara (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Pedagang lain bernama Agus menambahkan dari kedua jenis ikan koki tersebut, jenis Golden Fish yang paling sering diburu. Alasannya sederhana karena faktor harga yang relatif lebih murah menjadi daya tarik bagi para pembeli.
"Harganya murah soalnya," ucapnya.
Pedagang lain bernama Ian mengungkapkan Sebagian besar pedagang ikan mas koki menjual jenis Golden Fish. Selain murah dan banyak, menjual ikan mas koki Golden Fish lebih cepat laku.
ADVERTISEMENT
"Ya pokoknya mereka pilih-pilih aja gitu, ikan koki sebenarnya sama saja tapi yang paling banyak peminat ya Golden Fish," timpalnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan