BI Siapkan Uang Tunai Rp 197 Triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri 2024

21 Februari 2024 19:22 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Layanan penukaran uang tunai pecahan kecil oleh Bank Indonesia (BI) di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (9/4).  Foto: Alfadillah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Layanan penukaran uang tunai pecahan kecil oleh Bank Indonesia (BI) di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (9/4). Foto: Alfadillah/kumparan
ADVERTISEMENT
Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai senilai Rp 197,6 triliun untuk periode Ramadan dan Idul Fitri 2024. Angka itu meningkat 4,65 persen dibandingkan dengan realisasi pada tahun lalu senilai Rp 189 triliun.
ADVERTISEMENT
“Kita sudah menyiapkan karena tinggal 2 minggu lagi, kita front loading, siapkan Rp 197,6 triliun,” kata Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono saat konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (21/2).
Doni mengungkapkan uang tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan peningkatan transaksi secara nontunai.
“Artinya persentasenya sudah kita pertimbangkan dengan nontunai. Jadi akhirnya kita pertimbangkan untuk menaikkan sekitar 4,65 persen,” ungkap Doni.
BI juga bakal menyiapkan 4.674 titik penukaran uang. Jumlah titik itu jauh lebih masif ketimbang tahun 2023.
“Dan tambahan lagi kita mau tambah 449 titik yang hub dengan transportasi, di rest area jalan tol, termasuk di pelabuhan, stasiun, dan bandara, untuk melayani masyarakat yang mudik," tutur Doni.