Bisnis
ยท
15 April 2021 8:11

Bisnis Pertashop Modal Mulai Rp 250 Juta, Bisa Untung Rp 10 Juta per Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bisnis Pertashop Modal Mulai Rp 250 Juta, Bisa Untung Rp 10 Juta per Bulan (66182)
searchPerbesar
Pertamina Pertashop hadir di pesantren. Foto: Dok. Pertamina
Peluang bisnis jual bahan bakar atau bensin eceran kini makin menjanjikan. Pangsa pasar ini terbilang besar, bahkan naik setiap tahunnya membuat banyak orang mulai mempertimbangkan untuk membuka usaha Pertamina Shop (Pertashop).
ADVERTISEMENT
Pertashop merupakan SPBU mini produk dari PT Patra Niaga atau anak usaha Pertamina. Pertashop merupakan agen resmi pertamina untuk menjual bahan bakar seperti Pertamax dan Dexlite di daerah-daerah yang tidak terjangkau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), atau jauh dari SPBU.
Dengan modal mulai Rp 250 juta, keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp 10 juta per bulan. Apa saja syaratnya?

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Pertashop

Corporate Secretary PT Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Pertamina, Putut Andriatno, mengatakan untuk memulai usaha Pertashop masyarakat dapat mengakses https://kemitraan.pertamina.com/. Melalui website tersebut masyarakat akan mendapat informasi lengkap seputar pendaftaran atau menjadi agen Pertamina.
"Ada tiga persyaratan utama. Pertama lembaga usaha di sini bentuknya CV, PT, Koperasi, Bumdes," katanya kepada kumparan, Rabu (14/4).
ADVERTISEMENT
Andrianto melanjutkan, setelah melengkapi dokumen melalui online tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah adanya aliran listrik di lokasi calon tempat penjualan eceran. Bisa saja tak menggunakan listrik tapi cost akan jauh lebih mahal.
Bisnis Pertashop Modal Mulai Rp 250 Juta, Bisa Untung Rp 10 Juta per Bulan (66183)
searchPerbesar
Pertamina Siapkan 4.308 Pertashop Hingga Akhir Tahun. Foto: Pertamina

Tiga Paket yang Ditawarkan

Ada tiga paket dalam menjalankan bisnis Pertashop yaitu, Gold, Platinum dan Diamond. Masing-masing paket memiliki spesifikasi tertentu. Untuk gold persyaratan yang harus dipenuhi seperti luas lahan 225 meter persegi (m2), platinum 500 m2, dan diamond 700 m2.
Penyiapan wilayah ini nanti akan disiapkan PT Patra Niaga, termasuk survei lokasi untuk melihat potensi ekonomi dari pembukaan Pertashop.
Setelah memilih paket yang diinginkan, calon mitra wajib melengkapi dokumen seperti KTP, NPWP dan akta pendirian usaha. Selain itu, pembangunan Pertashop harus mendapat izin dari kepala desa setempat.
ADVERTISEMENT
Biasanya untuk membangun Pertashop membutuhkan waktu 3-4 hari untuk survei lokasi. Cepat atau lambatnya proses tergantung dari lokasi. Putut juga bilang jika lokasi membutuhkan perataan atau pengurangan tanah maka akan ada biaya yang dibebankan.

Bisa Untung Rp 10 Juta per Bulan

Untuk pertashop keuntungan sekitar Rp 850 per liter, sementara untuk SPBU sekitar Rp 400-500 per liter. Hal ini lah yang menjadi keuntungan menjual bahan bakar melalui Pertashop.
Ada tiga paket dalam menjalankan bisnis pertashop yaitu, Gold, Platinum dan Diamond. Masing-masing paket memiliki spesifikasi tertentu. Untuk gold persyaratan yang harus dipenuhi seperti luas lahan 225 meter persegi (m2), platinum 500 m2, dan diamond 700 m2. Penyiapan wilayah ini nanti akan disiapkan PT Patra Niaga, termasuk survei lokasi untuk melihat potensi ekonomi dari pembukaan Pertashop.
ADVERTISEMENT
Kapasitas tangki untuk paket gold sebanyak 3 kilo liter (kl), sementara untuk paket platinum dan diamond mencapai 10-15 kl. Pertashop hanya menjual bahan bakar Pertamax dan Dexlite. Ia mengingatkan salah satu syarat yang tak kalah penting yaitu minimal luas jalan bisa masuk untuk mobil tangki pertamina dengan kapasitas 5 kl.
"Kalau modal usaha rata-rata kalau untuk modular sama bangunan inti, kalau modular pertashop Rp 250 juta untuk gold di luar lahan, Kalau yang platinum-diamond sekitar Rp 500 juta - Rp 800 juta untuk bangunan di luar lahan," katanya.
Putut memastikan pembangunan Pertashop telah melalui standar operasional perusahaan. Dari segi keamanan dan jaminan hukum, pertashop telah resmi terdaftar sebagai agen penjualan bahan bakar eceran milik Pertamina. Kualitas bahan bakar juga terjamin keasliannya dibanding Pertamini.
ADVERTISEMENT