Bisnis
·
14 Januari 2021 20:14

Bukalapak dan Standard Chartered Kerja Sama Bisnis Keuangan Digital

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bukalapak dan Standard Chartered Kerja Sama Bisnis Keuangan Digital (300306)
Ilustrasi Bukalapak. Foto: Shutter Stock
Bank Standard Chartered resmi bekerja sama dengan Bukalapak untuk membangun bisnis keuangan digital. Perusahaan telah menyuntikkan dana segar sekitar Rp 2,8 triliun untuk meramaikan pasar digital dalam negeri.
ADVERTISEMENT
CEO Standard Chartered Indonesia, Andrew Chia mengatakan, bank digital tersebut akan tersedia di fitur Bukalapak. Ia menilai potensi kerja sama ini akan mendorong inklusi keuangan.
“Kami yakin bahwa kemitraan kami dengan salah satu unicorn pertama dan pemain e-commerce terkemuka di Indonesia akan memungkinkan kami untuk bersama-sama menciptakan solusi yang mendorong inklusi keuangan di Indonesia,” katanya melalui keterangan tertulis seperti yang dikutip kumparan, Kamis (14/1).
Selain itu, Andrew melihat potensi besar dari kerja sama ini terdapat sekitar 100 juta pengguna dan 13,5 juta pelaku UMKM di platform Bukalapak. Apalagi saat ini transaksi melalui digital semakin masif di tengah pandemi.
Bukalapak dan Standard Chartered Kerja Sama Bisnis Keuangan Digital (300307)
Gedung Standard Chartered Foto: REUTERS/Baz Ratner
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Standard Chartered baru-baru ini mengungkapkan bahwa pandemi bertindak mempercepat pertumbuhan aktivitas keuangan online, dengan lebih dari separuh responden global menggunakan lebih banyak layanan online pascapandemi.
ADVERTISEMENT
“Sebanyak 80 persen orang Indonesia juga mengharapkan negara ini menjadi sepenuhnya tanpa uang tunai pada tahun 2025,” imbuhnya.
Sementara itu, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan, kemitraan strategis ini menunjukkan kepercayaan Standard Chartered terhadap misi dan komitmen Bukalapak dalam menciptakan dampak di seluruh Indonesia.
“Perdagangan dan jasa keuangan merupakan aspek penting dari kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu, kemitraan ini meningkatkan semangat kami untuk mewujudkan Ekonomi yang Adil di Indonesia a fair economy in Indonesia,” tambahnya.
Dengan jaringan perbankan global yang kuat dan bisnis layanan keuangan yang bergengsi, partisipasi Standard Chartered di Bukalapak akan semakin memperkuat jajaran pemegang saham dan mitra strategis kami saat ini.